Xbox Series X

BOLAGILA – Xbox Series X sudah digadang-gadang akan lebih gahar dibanding generasi pendahulunya. Kini Head of Xbox, Phil Spencer telah mengungkap spesifikasi dan fitur apa saja yang diusung konsol baru ini.

Dalam postingan di blognya, yang dikutip BOLAGILA dari The Verge, Rabu (26/2/2020) Microsoft memastikan performa GPU Xbox Series X akan mencapai 12 teraflop. Angka ini dua kali lebih tinggi dibanding Xbox One X dan delapan kali lebih tinggi dari Xbox One original.

Konsol baru ini akan ditenagai oleh CPU Zen2 dan GPU RDNA 2 dari AMD. GPU ini akan menggunakan teknik Variable Rate Shading yang memungkinkan efek untuk fokus di satu objek, bukan di seluruh layar.

Dari segi grafis, Microsoft juga menekankan bahwa Xbox Series X akan mengguanakan hardware accelerated DirectX Raytracing untuk pencahayaan yang true-to-life, refleksi yang akurat dan akustik yang realistis secara real time. Selain itu Xbox Series X juga akan menggunakan SSD NVMe yang bisa mempercepat proses loading secara signifikan.

Spesifikasi Xbox Series X

Xbox Series X juga akan mendukung gaming 8K dengan frame rate hingga 120 fps. Untuk mengurangi inpu lag di TV, Microsoft telah bekerjasama dengan forum HDMI dan produsen TV untu mengaktifkan Auto Low Latency Mode dan Variable Refresh Rate untuk HDMI 2.1.

Selain spesifikasi di atas, Microsoft juga mengenalkan beberapa fitur baru yang akan hadir seperti ‘Quick Resume’. Fitur serupa awalnya sudah dikenalkan di Xbox One, tapi Quick Resume akan memungkinkan gamer untuk melanjutkan beberapa game dari posisi sleep.