Bolagila Juara dunia Prancis mendarat di Qatar pada Kamis (17/11/2022), dan akan berusaha menjadi tim pertama yang mempertahankan Piala Dunia sejak Brasil pada 1962. Les Blues ingin mematahkan kutukan juara bertahan yang selalu mentok di fase grup sejak 2002.

Sepuluh anggota skuad pemenang gelar 2018 kembali, termasuk kapten Hugo Lloris, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann. Namun juara bertahan, yang tergabung di Grup D dengan Australia, Denmark dan Tunisia, tidak diperkuat pasangan lini tengah pilihan pertama Paul Pogba dan N’Golo Kante. 

Tapi pemenang Ballon d’Or Karim Benzema, yang telah melewatkan serangkaian pertandingan untuk Real Madrid musim ini karena cedera, akan tampil untuk pertama kalinya di Piala Dunia sejak 2014.

Sementara itu, striker Eintracht Frankfurt Randal Kolo Muani akan menggantikan Christopher Nkunku dari RB Leipzig di skuat Prancis, kata federasi Prancis (FFF). 

Nkunku absen dari turnamen setelah meninggalkan sesi latihan Selasa lebih awal karena cedera lutut kiri. Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan Nkunku bentrok dengan rekan setimnya Eduardo Camavinga.

Kolo Muani, 23 tahun, telah membuat 23 penampilan untuk Frankfurt di semua kompetisi musim ini, mencetak delapan gol dan mencatatkan 11 assist. Dia membuat dua penampilan senior pertamanya untuk Prancis dalam pertandingan Nations League bulan September melawan Austria dan Denmark.

“Striker Eintracht Frankfurt, yang saat ini berada di Jepang bersama klubnya, akan bergabung dengan tim Prancis di Doha pada Kamis pagi,” kata FFF dalam sebuah pernyataan.

Prancis memulai kampanye mereka melawan Australia pada 22 November di Stadion Al Janoub.

Hindari Isu Politik, Fokus Sepak Bola

Sementara itu, kapten Prancis Hugo Lloris telah mengkonfirmasi bahwa dia tidak akan bergabung dengan kapten tim nasional Eropa lainnya dalam mengenakan ban kapten anti-diskriminasi selama Piala Dunia di Qatar.

“Saya sudah cukup jelas tentang ini dan saya tidak ingin menambahkan apa pun,” kata Lloris dalam sebuah wawancara.  

Dia mengatakan dia ingin menunjukkan rasa hormat kepada negara tuan rumah Qatar. “Ketika kami menyambut pengunjung asing ke Prancis, kami sering ingin mereka menghormati aturan dan budaya kami. Saya akan melakukan hal yang sama ketika saya pergi ke Qatar,” katanya.

Komentarnya senada dengan yang dibuat oleh Presiden Federasi Sepak Bola Prancis Noel Le Graet, yang menentang inisiatif tersebut. Lloris, yang menjadi bintang tim Prancis yang menjuarai Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu, mengaku ingin tetap fokus pada sepak bola.

“Ini akan memungkinkan kami untuk menghindari menjawab pertanyaan tentang ini sebelum dan selama kompetisi karena ada titik di mana Anda harus tetap fokus pada sepak bola daripada menghabiskan energi untuk hal-hal yang bukan tanggung jawab kami,” katanya.

Badai Cedera Jelang Piala Dunia

Cedera Nkunku adalah pukulan terbaru bagi juara bertahan Piala Dunia, dengan gelandang N’Golo Kante dan Paul Pogba, serta bek Presnel Kimpembe juga dipastikan absen dari turnamen empat tahunan tersebut.

Kante dan Kimpembe sama-sama diterpa cedera hamstring. Kante sendiri memang sudah absen bela Chelsea sejak Agustus lalu. Namun, keadaan memburuk setelah proses recoverynya mengalami kemunduran sehingga Kante harus menepi selama empat bulan.

Sementara Kimpembe juga sama halnya Kante karena proses pemulihan cedera achilles tak berjalan sesuai harapan. Memang belakangan ini bek milik PSG itu kerap kerap diterpa cedera. Sebelum cedera achilles, pemain berusia 27 itu menepi satu setengah bulan karena cedera hamstring pada awal September lalu.

Selanjutnya, Pogba alami cedera meniskus lateral kaki kanannya. Dia sukses menjalani operasi pada Senin, 5 September 2022. Meski proses operasinya berjalan lancar, Pogba gagal fit tepat waktu Piala Dunia. Alhasil, dia harus menepi usai gelaran ajang terbesar itu selesai.

Daftar Skuad Prancis untu Piala Dunia

Kiper: Hugo Lloris, Steve Madanda, Alphonse Areola

Bek: Raphael Varane, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Axel Disasi, Jules Kounde, Theo Hernandez, William Saliba, Dayot Upamecano, Ibrahima Konate

Gelandang: Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, Eduardo Camavinga, Youssouf Fofana

Penyerang: Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Karim Benzema, Kylian MBappe, Kingsley Coman, Marcus Thuram, Ousmane Dembele, Christopher Nkunku (digantikan oleh Randal Kolo Muani).

Jadwal Timnas Prancis di Fase Grup Piala Dunia

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Prancis vs Denmark

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Tunisia vs Prancis