Pemain Timnas Belgia, Thorgan Hazard (kanan) dan Eden Hazard melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Minggu (27/7/2021). (AP Photo/Thanassis Stavrakis, Pool)

Bolagila Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai pada beberapa hari ke depan, tepatnya pada 20 November 2022. Seluruh timnas yang bermain di Piala Dunia 2022 sudah mendaftarkan para pemainnya.

Dari daftar pemain Piala Dunia Qatar 2022, ada lima kakak beradik yang bermain bersama, baik satu ataupun beda negara. Walaupun hal ini bukan yang terbaru karena sebelumnya ada Boateng bersaudara yang pernah bermain di Piala Dunia 2014 untuk Ghana dan Jerman.

1. Hazard Bersaudara

Eden Hazard (kakak) kembali bermain bersama adiknya Thorgan Hazard untuk Timnas Belgia pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebelum ini, keduanya pernah bermain bersama di Piala Dunia 2018 Rusia dan berhasil mengantarkan Belgia meraih peringkat ketiga.

Pada Piala Dunia 2018, Eden Hazard masih menjadi andalan bagi skuad The Red Devils. Namun, jelang Piala Dunia 2022 nanti patut ditunggu siapa yang menjadi andalan karena keduanya memiliki posisi sama yaitu winger kanan/kiri.

Sayangnya, kedua pemain sedang tidak berada dalam performa terbaiknya. Eden Hazard di Real Madrid masih jarang mendapatkan kesempatan bermain. Pemain 31 tahun ini hanya tiga kali di La Liga dan itu pun sebagai pemain pengganti.

Catatan Thorgan Hazard di Borussia Dortmund masih lebih baik, walaupun belum bisa mencetak gol dan assist, pemain 29 tahun ini mencatatkan 14 penampilan di Bundesliga Liga Jerman musim ini. Ia juga berhasil mencetak satu gol dari lima pertandingan Dortmund Liga Champions Eropa.

2. Hernandez Bersaudara

Di Timnas Prancis ada Lucas dan Theo Hernandez. Keduanya berpotensi bermain bersama untuk Les Bleus karena memiliki dua posisi yang berbeda, meski sama-sama berada di lini belakang.

Lucas (26) berposisi sebagai bek tengah dan piawai bermain untuk bek kiri dalam formasi tiga bek. Sementara adiknya, Theo (25) berposisi sebagai bek sayap kiri yang juga piawai bermain dengan skema tiga bek, baik di AC Milan maupun Timnas Prancis.

Lucas menjadi andalan Bayern Munchen sebelum cedera otot paha. Setelah pulih pada akhir Oktober 2022, Lucas sudah kembali bermain untuk The Bavarians dalam tiga laga terakhirnya dengan mencatatkan 155 menit bermain.

Sementara Theo tampil apik bersama AC Milan di Seria A Liga Italia musim ini. Ia mencatatkan 13 kali bermain dan selalu menjadi pemain starter. Dalam tiga belas kali bermain ia sudah mencetak dua gol dan dua assist.

3. Ayew Bersaudara

Andre dan Jordan Ayew. (AFP/Paul Ellis)

Andre Ayew (32) dan Jordan Ayew (31) akan kembali bermain di Piala Dunia 2022 untuk Timnas Ghana. Keduanya yang sama-sama berposisi sebagai striker ini juga pernah tampil bersama di Piala Dunia 2014 Brasil.

Sang kakak, Andre Ayew menjadi andalan bagi klub Qatar, Al Sadd. Pada musim ini, ia berhasil mencetak dua gol dan satu assist dari tujuh penampilannya serta ia selalu menjadi starter.

Sementara adiknya, Jordan Ayew juga masih mendapatkan tempat di posisi striker Crystal Palace bersama Wilfreed Zaha. Walaupun dari 14 pertandingan yang dilakoni, Jordan baru mencatatkan satu assist.

Al Sadd dan Crystal Palace sama-sama berada di papan tengah liga masing-masing. Al Sadd menempati posisi ke-9 di Liga Qatar dan Crystal Palace menempati posisi ke-11 di Liga Primer Inggris.

4. Milinkovic-Savic bersaudara

Pada Piala Dunia 2022, Timnas Serbia diisi oleh dua kakak-beradik, yaitu Sergej Milinkovic-Savic (kakak) dan Vanja Milinkovic-Savic (adik).

Sang kakak menjadi andalan Timnas Serbia dan Lazio dengan penampilan gemilangnya di lini tengah. Pemain 27 tahun itu mencetak 3 gol dan 7 assist dalam 14 kali pertandingan di Serie A Liga Italia.

Di Timnas Serbia, sejak debut pada tahun 2017, dia sudah mencetak 6 gol dari 35 pertandingan. Sergej diprediksi akan menjadi salah satu pemain penting dan menonjol di lini tengah Timnas Serbia pada Piala Dunia 2022 ini.

Sementara adiknya, Vanja yang juga bermain di Serie A sebagai kiper bersama Torino catatannya tidak terlalu fantastis. Ia kebobolan 17 kali dan hanya tiga kali mencatatkan nirbobol. Tapi, Vanja selalu menjadi starter untum Torino dari 15 laga.

Keduanya juga memiliki adik bungsu yang juga olahragawan, yaitu Jana Milinkovic-Savic. Dia merupakan pemain Timnas basket wanita Serbia dan model.

5. Williams Bersaudara

Berbeda dengan empat kakak-beradik sebelumnya, Inaki Williams (kakak) dan Nico Williams (adik) membela dua negara yang berbeda. Inaki membela Timnas Ghana karena sudah berpindah kewarganegaraan dan Nico masih membela Timnas Spanyol.

Inaki Williams setelah berpindah warga negara sudah mencatatkan dua penampilan bersama Timnas Ghana di laga persahabatan. Sebelumnya, ia juga pernah mencatatkan penampilan bersama Timnas Spanyol U-21 sebanyak 17 kali dan Timnas Spanyol senior satu kali.

Pemain 28 tahun milik Athletic Bilbao ini memang diproyeksikan untuk menambah amunisi Timnas Ghana di Piala Dunia 2022. Di La Liga musim ini, dia mencatatkan 5 gol serta 1 kali assist dari 14 kali pertandingan dan selalu menjadi starter.

Tidak jauh berbeda dengan kakanya, sang adik Nico Williams (20) yang juga membela Athletic Bilbao mencacatkan penampilan gemilang. Ia sudah mencetak 3 gol dan 4 assist dari 14 pertandingan di La Liga. Di level timnas, Nico baru dua kali menjalani laga di laga persahabatan.