Lamborghini memberikan bocoran supercar terbarunya melalui unggahan di Instagram pada akhir Agustus lalu. Unggahan tersebut tentu menimbulkan spekulasi di kalangan pecinta supercar.

Ada beberapa asumsi tentang siluet mobil yang terlihat mirip dengan Terzo Millenio Concept. Bisa jadi mobil itu adalah pengganti Aventador. Tapi bisa jadi juga itu adalah siluet hypercar hybrid yang sudah lama menjadi perbincangan hangat.

Tebakan kedua sepertinya lebih benar. Sebab, baru-baru ini Lamborghini tiba-tiba mengungkap hypercar limited edition yang akan mereka rilis. Dilansir The Drivehypercar itu namanya Sian.

Diduga, Lamborghini membuat Sian dari hasil desain ulang dan hibridisasi versi Aventador SVJ. Mobil itu sudah ditunjukkan kepada beberapa pemilik Lamborghini melalui aplikasi Unica, sebelum resmi dirilis di Frankfurt International Motor Show 2019, akhir pekan ini.

Jeroan Sian memang belum diketahui. Tapi jika mengacu pada Lamborghini Aventador SVJ, maka tenaganya akan disuplai dari mesin V12 naturally aspirated. Standar Aventador SVJ memiliki tenaga sebesar 760 Tk.

Spekulasi Spesifikasi

Tapi bedanya, Sian juga akan dibekali motor listrik mild-hybrid 48V yang menghasilkan daya 30 Tk. Ini akan menjadi mobil hybrid pertama dalam sejarah panjang Lamborghini.

Sebelumnya, Chief Technical Officer Lamborghini, Maurizio Reggiani mengatakan, pihaknya perlu untuk melakukan elektrifikasi. Hal itu agar bisa mengurangi karbon dioksida.

Kami berpikir bahwa merek Lamborghini didasarkan pada V12 dan jelas kami memerlukan elektrifikasi untuk mengurangi karbon dioksida, serta memiliki daya tambahan dari elektrifikasi, kata Reggiani.

Selain tampangnya, harga Sian juga ikut terkuak. Hypercar Sian akan dibandrol seharga USD 3,6 juta atau Rp 51 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.216). Sedangkan jumlahnya masih belum pasti, antara 63 hingga 80 unit.