BOLAGILA.ASIA – Seperti halnya makanan, kreasi minuman juga mengalami perkembangan pesat. Ada ribuan minuman yang bisa Anda dicoba. Jenis yang paling umum adalah variasi teh, kopi, cokelat, hingga alkohol.

Namun, ada beberapa jenis minuman yang terbuat dari hasil ramuan ‘misterius’ yang dipercaya dapat berpengaruh pikiran dan juga tubuh. Beberapa jenis minuman itu bisa jadi sangat tidak biasa.

Berikut delapan minuman paling aneh dan tidak biasa di seluruh dunia, versi CNN.

  1. Soju air mata tuna, Korea Selatan

Soju merupakan anggur beras suling dengan kandungan alkohol tinggi yang dengan mudah ditemukan di setiap restoran, bar, dan toko serba-ada di Negeri Ginseng. Soju kadang memiliki sejumlah rasa yang populer seperti peach dan blueberi. Kadang juga dicampur dengan bir.

Varian soju yang paling aneh adalah soju yang dicampur dengan air mata tuna. Kombinasi ini menghasilkan minuman alkohol dengan tekstur seperti jeli. Soju air mata tuna atau chamji nunmulju ini biasanya disajikan di restoran seafood atau bergaya Jepang.

Soju biasa dikonsumsi untuk memberikan sensasi hangat pada tubuh saat udara dingin melanda.

2.Sinchicara, Ekuador

Sinchicara adalah minuman Ekuador yang diproduksi di provinsi SucumbĂ­os. Minuman ini terbuat dari brendi tebu yang dicampur dengan kulit tanaman hutan hujan asli.

Minuman alkohol ini merupakan minuman masyarakat adat yang digunakan sebagai obat flu, menenangkan rheumatoid arthritis, dan penguat afrodisiak dan libido.

3. Boza, Bulgaria

Boza terbuat dari fermentasi tepung rebus. Rasa yang dihasilkan dari minuman ini adalah sedikit asam tapi manis.

Mikroorganisme hasil fermentasi dari boza disebut sangat baik untuk usus. Meski mengandung sedikit alkohol, para ahli menyebut boza baik untuk ibu hamil, menyusui, dan anak-anak.

4. Mamajuana, Republik Dominika

Tak ada resep baku untuk membuat mamajuana. Yang penting ada kulit kayu hasil panen penduduk setempat. Anggur merah, madu, dan rum, serta bahan lainnya kadang juga ditambahkan.

Mamajuana merupakan minuman afrodisiak, dapat digunakan untuk mengobati pencernaan, menyembuhkan pilek dan flu.

5. Kava, Fiji

Kava adalah bagian penting dari upacara Fiji, Sevusevu. Kava berasal dari tumbuhan merica yang ditumbuk hingga menjadi bubuk dan dicampur dengan air.

Kava merupakan minuman psikoaktif yang legal di Fiji, tapi terlarang di beberapa negara. Minuman ini memiliki 18 senyawa aktif yang dapat membuat suasana hati seseorang menjadi ceria atau bahkan lembut.

6. Mezcal de pechuga, Meksiko

Minuman ini dibuat dari dada ayam mentah, kadang juga kelinci atau kalkun, yang digantung di tempat bernama mezcal. Lalu, disuling dan dimasak perlahan di dalam uap hingga keluar minyaknya.

Minuman ini dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan seperti pencernaan.

7. Tongba, Nepal

Tongba dikenal juga dengan nama bir millet. Minuman ini dibuat melalui proses fermentasi millet gandum utuh, yang memakan waktu hingga berminggu-minggu. Saat hendak diminum, minuman ini disajikan dalam cangkir seperti tong alias tongba.

Untuk menikmatinya, minuman ini mesti dituangkan dalam air mendidih. Lalu, isap dengan sedotan bambu.

8. The Sourtoe Cocktail, Kanada

Koktail ini terbuat dari campuran jari kaki. Minuman ini membuat siapa pun yang ingin mencoba harus meneguk dan membiarkan jari kaki menyentuh bibir. Jari kaki yang digunakan adalah jari kaki manusia.

Ada banyak legenda yang bercerita mengenai asal usul minuman jari kaki ini. Sejumlah orang rela ‘menyumbangkan’ jari kaki untuk diolah menjadi The Sourtoe Cocktail.