Badan meteorologi, Klimatologi, dan geofisika (BMKG) mengungkapkan alasan di balik cuaca panas yang belakangan ini terjadi di Indonesia. Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, cuaca panas saat ini bukan karena gelombang panas atau heatwave.
Dwikorita mengungkapkan cuaca panas di Indonesia ini adalah suhu panas seperti umumnya. Dari karakteristik dan indikator statistik pengamatan suhu yang dilakukan BMKG, fenomena cuaca panas saat ini tidak bisa dikategorikan sebagai gelombang panas.

“Khusus di Indonesia yang terjadi bukanlah gelombang panas, melainkan suhu panas seperti pada umumnya,” ungkap Dwikorita di Jakarta, dikutip dari laman BMKG.

Penyebab Cuaca Panas di Indonesia
Dwikorita mengatakan kondisi maritim di sekitar Indonesia dengan laut yang hangat dan topografi pegunungan mengakibatkan naiknya gerakan udara.

Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya penyanggaan atau buffer kenaikan temperatur secara ekstrem, dengan terjadi banyak hujan yang mendinginkan permukaan secara periodik. Hal inilah yang menyebabkan tidak terjadinya gelombang panas di wilayah Kepulauan Indonesia.

Dwikorita menegaskan, suhu panas saat ini adalah dampak dari pemanasan permukaan sebagai dampak dari mulai berkurangnya pembentukan awan dan berkurangnya curah hujan.

Serupa, ia juga menyebut kondisi ‘gerah’ yang terjadi belakangan merupakan sesuatu yang umum terjadi pada periode peralihan musim hujan ke musim kemarau. Itu adalah kombinasi dampak pemanasan permukaan dan kelembaban yang masih relatif tinggi pada periode peralihan ini.

“Periode peralihan ini umumnya dicirikan dengan kondisi pagi hari yang cerah, siang hari yang terik dengan pertumbuhan awan yang pesat diiringi peningkatan suhu udara, kemudian terjadi hujan pada siang menjelang sore hari atau sore menjelang malam hari,” paparnya.

Kondisi ‘Gerah’ saat Malam
Tak hanya saat siang hari, saat malam kondisi gerah juga masih terasa. Ini bisa terasa jika langit masih tertutup awan dengan suhu udara, serta kelembapan udara yang tinggi.

Selanjutnya, udara berangsur-angsur akan mulai terasa mendingin kembali, jika hujan mulai turun.