Kawasan Malioboro masih menjadi favorit wisatawan saat berlibur di Jogja. Libur long weekend ini jumlah kunjungan diprediksi naik hingga 3 kali lipat dari biasanya.
Terpantau oleh detikTravel pengunjung telah memadati area Malioboro hingga Titik Nol Kilometer yang biasanya hanya ramai di malam hari. Terlihat sejak siang sudah ramai pengunjung yang sebagian besar merupakan siswa karyawisata.

“Rombongan dari SMP Muhammadiyah 27 Jakarta Pusat, tadi habis dari Jeep Kaliurang, terus ke Keraton. Baru nanti mampir ke Taman Pintar dan sekitaran Malioboro,” Kata Gita, salah satu perwakilan Guru SMP Muhammadiyah 27 Jakarta Pusat saat ditemui di sekitar Keraton Jogja

Outlet yang ada di pinggir trotoar Jalan Malioboro juga terlihat dipadati pembeli. Salah satu outlet minuman Haus! menyebut musim liburan seperti sekarang, penjualan bisa meningkat hingga tiga kali lipat.

Taman Pintar menjadi destinasi yang langsung terlihat keramaiannya. Diperkirakan hari ini telah mencapai 3500 pengunjung. Pengunjung sebagian besar berasal dari rombongan karyawisata anak sekolah hingga wisata keluarga.

“Kami maksimum bisa menampung 400 orang untuk sekali jalan,” kata Sani, Petugas Kerjasama dan Pemasaran Taman Pintar.

Dari pantauan detikTravel, pengunjung sudah memadati area Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sejak pagi. Terhitung hingga pukul 14.30 jumlah pengunjung hampir menyentuh angka 2000 orang.

“Udah hampir 2.000 orang, mancanegaranya sekitar 200. Rata-rata yang datang dari rombongan sekolah study tour, umum, kantoran, sampai darmawanita,” kata Prabagiharta, Abdi Dalem pengurus Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Hal yang sama juga terjadi di Museum Wahanarata dengan total kunjungan per-hari ini mencapai 500 orang, dibandingkan hari biasa yang hanya menyentuh 300 orang.

Kendati lokasinya masih berada di kompleks keraton, museum ini tidak sepopuler Museum Keraton sebagai destinasi kunjungan wisatawan.