Sosok Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara Bernama Asri Damuna kini menuai sorotan. Asri diketahui viral telah mengajak Youtuber perempuan asal Korea Selatan (Korsel) ke hotel.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun telah memberikan reaksi. Kemenhub menyayangkan sikap Asri yang telah mencoreng nama institusi.

Asri kini masih menjalani pemeriksaan oleh pejabat Kemenhub. Dia telah dicopot dari jabatan sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka.

Ngaku Punya Nama Albert
Pertemuan Asri dan Youtuber Korsel itu terjadi di sebuah tempat makan. Awalnya Youtuber perempuan Korsel tengah menyantap makanan seorang diri. Tidak berselang lama, perempuan itu bertegur sapa dengan pengunjung lainnya.

“Manado asli?” kata salah seorang pria dalam video viral seperti dilihat, Jumat (10/5/2024).

“Saya dari Korea,” jawab Youtuber.

Youtuber Korsel itu lalu ditawari bergabung satu meja dengan Asri Damuna. Keduanya kemudian terlibat percakapan ringan.

Salah seorang rekan Asri lalu bertanya apakah Youtuber Korsel itu bersama teman saat ke Indonesia. Youtuber itu mengaku seorang diri. Di momen ini Asri mengajak berkenalan dan memperkenalkan diri sebagai Albert.

“Aku teman baru. Albert,” ujar Asri.

“Nama saya Jiah,” timpal Youtuber Korsel.

Usai berkenalan itu Asri kemudian mengajak Youtuber Korsel ikut ke hotelnya. Namun ajakan itu langsung ditolak oleh perempuan tersebut.

Kemenhub Siapkan Sanksi
Kemenhub buka suara terkait kasus viral yang diduga melibatkan pejabat di instansinya. Kemenhub mengatakan Asri Damuna saat ini tengah menjalani pemeriksaan.

“Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh pejabat yang berwenang di Kemenhub,” kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, saat dihubungi.”

Adita mengatakan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada Asri Damuna. Kemenhub akan memberikan sanksi tegas jika pegawainya tersebut terbukti melakukan pelanggaran.

“Jika terbukti ada hal-hal yang dilanggar, baik secara peraturan maupun etika sebagai ASN, maka akan diterapkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Adita.

Adita juga membenarkan pria yang mengajak Youtuber wanita asal Korsel ke hotel itu bekerja di bawah instansi Kemenhub.

“Memang benar yang bersangkutan Asri Damuna, Kepala Kantor UPB Sangia Nibandera Kolaka,” kata Adita.