BOLAGILA, Jakarta – Calon pelatih baru Manchester United mulai mengerucut ke satu nama, yakni Graham Potter. Eks juru taktik Chelsea itu diklaim sudah menggelar pertemuan rahasia dengan Dan Ashworth yang hendak didapuk sebagai Direktur Olahraga Setan Merah. 

Seperti diketahui,Erik ten Hag memang berpotensi dilucuti dari jabatan pelatih Manchester United memasuki kampanye 2024/2025. Hal itu lantaran pelatih asal Belanda gagal mengantar timnya tampil menjanjikan musim ini.

Setan Merah sudah tersingkir dari Liga Champions lantaran finis sebagai juru kunci klasemen penyisihan grup. Bruno Fernandes dan kawan-kawan juga gagal mempertahankan gelar Carabao Cup setelah angkat koper sejak babak 16 besar.

Sementara itu di kompetisi Liga Inggris, Manchester United tak kunjung mampu menyodok ke empat besar. Mereka masih saja terkunci di urutan 6 lantaran baru mengoleksi 44 poin dari 26 pertandingan. 

Investor baru MU Sir Jim Ratcliffe sejatinya masih berupaya memberi kesempatan kepada juru taktik asal Belanda. CEO INEOS itu tak langsung memecat Ten Hag dan ingin melihat progresnya sampai akhir musim. 

Namun, tidak adanya perubahan signifikan yang diperlihatkan skuad MU berpotensi membuat kursi pelatih jadi terguncang. Erik ten Hag kehabisan waktu, sehingga dia berpotensi digantikan manajer baru musim depan.

Graham Potter Jadi Favorit

Sejauh ini, Graham Potter memang jadi sosok yang difavoritkan untuk mengambil alih jabatan pelatih Manchester United. Dia sudah cukup lama menganggur usai dipecat dari Chelsea pada April 2023. 

Kendati begitu, Potter nampaknya tetap memiliki reputasi yang baik di mata klub-klub raksasa menyusul kinerjanya yang gemilang saat menukangi Brighton & Hove Albion. 

Sir Jim Ratcliffe selaku investor baru Manchester United pun diklaim ikut menjadikan Potter sebagai pilihan nomor satunya apabila Erik ten Hag didepak dari jabatan pelatih Setan Merah.

Kans kepindahan Potter menuju Old Trafford makin didukung dengan adanya kabar yang menyebut Ratcliffe sudah sempat bertemu dengan sang pelatih.

Laporan terbaru The Sun via Metro juga mengungkap, Potter telah mengadakan pembicaraan lebih lanjut dengan Dan Ashworth yang hendak didapuk sebaga direktur olahraga baru MU.

Cita-Cita Ratcliffe Terwujud

Bagi Sir Jim Ratcliffe, pengangkatan Graham Potter sebagai manajer Manchester United bakal menandai terwujudnya cita-cita sang miliarder untuk bekerja sama dengan pelatih Inggris. 

Pemberitaan Metro mengeklaim, CEO INEOS itu sudah sangat tergiur dengan jasa Potter dan pernah mencoba mendatangkannga ke klub Prancis Nice. 

Sayangnya, ambisi Ratcliffe kala itu gagal terwujud. Potter diklaim menolak sejumlah tawaran dari klub-klub lantaran hendak menunggu kesempatan kerja yang lebih besar.