BOLAGILA — Kata kunci PDIP masih menjadi trending topic di media sosial X (sebelumnya Twitter), di antaranya menyindir ucapan lama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pasca keruntuhan PDIP di pemilihan presiden (pilpres).
Menurut pantauan CNNIndonesia.com pada Kamis (15/2) pukul 20.00 WIB, kata kunci PDIP masih menjadi trending topic dengan lebih dari 79 ribu cuitan.

Berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei dengan data masuk lebih dari 97 persen, pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung PDIP terpaut jauh dari paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang berada di posisi puncak.

Hal ini bahkan terjadi di dua kandang ‘Banteng‘, yaitu Bali dan Jawa Tengah.

Kegagalan PDIP dalam pilpres membuat banyak warganet menyindir performa PDIP di kandangnya sendiri. Mereka banyak mengaitkannya dengan ketiadaan Jokowi di kubu PDIP sambil mengungkit ucapan lama Mega.

Sebelumnya, dalam acara peringatan HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Selasa (10/1/2023), Megawati di depan hadirin, termasuk Jokowi, sempat melontarkan ujaran soal kehebatan partainya.

“Pak Jokowi itu ya ngono lho, mentang-mentang. Lha iya, padahal Pak Jokowi kalau enggak ada PDI-Perjuangan juga, duh kasihan dah,” ujar Megawati.

Ucapan tersebut kini menjadi bahan netizen menyindir balik kondisi PDIP.

“PDIP tanpa jokowi aduhhh kasian banget dehhhh,” kata akun @Ndhaaa_3.

“jokowi tanpa pdip bisa apa? bisa bikin kalah telak laaaah,” sindir @notyourandys.

Meski paslon yang diusungnya berada di posisi terbawah, PDIP berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas dan voxpol Center Research & Consulting, sejauh ini masih memimpin raihan suara untuk Pemilu Legislatif 2024.

Litbang Kompas mengungkap partai Banteng masih unggul 16,29 persen dari total 94,35 persen suara masuk. Voxpol juga menyebut PDIP unggul 16,57 persen dari total 67,35 persen suara masuk.