TKP Bule Amerika Tusuk Mertua di Banjar

BOLAGILA – Agus Sopiyan (58) warga Dusun Randegan, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, tewas mengenaskan, Minggu (24/9/2023) siang. Pelakunya diduga seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika Serikat berinisial ALW (35) yang merupakan menantu korban. Pelaku diduga menusuk mertuanya menggunakan benda tajam semacam pisau.
“Ya saya mendapat laporan dari warga, bule itu datang ke sini. Kemudian sudah terjadi penusukan oleh bule itu kepada mertua laki-laki. Korban ada di rumah di belakang,” ujar Kepala Desa Raharja Yayat Ruhiyat kepada wartawan.

Yayat mengaku tidak mengetahui kronologis kejadian tersebut. Ia mendatangi tempat kejadian setelah mendapat laporan dari warga.

Menurut Yayat, sebelumnya, WNA asal Amerika itu juga sempat melakukan perusakan di rumah mertuanya. Pihak keluarga korban pun sudah melaporkannya kepada kepolisian.

“Betul pernah melakukan pengrusakan. Koran bernama Agus. Pelaku dari identitas yang ada di kami, warga negara asing asal Amerika, California,” ungkapnya.

Setelah kejadian tersebut, WNA asal Amerika itu langsung diamankan oleh pihak kepolisian Polres Banjar. Sedangkan jasad korban dibawa ke RSUD Banjar untuk dilakukan pemeriksaan.

Yayat menyebut tidak mengetahui penyebab pasti pelaku menusuk korban. Namun menurut informasi dari warga, hak itu terjadi karena ada kesalahpahaman terkait usaha yang dilakukan oleh WNA tersebut.

“Laporan yang kami terima itu dipicu karena hal sepele. Ada juga diduga karena karakter si bule itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Sidik Nur Abidin, tetangga korban menjelaskan WNA tersebut tiba-tiba datang ke rumah mertuanya pakai mobil. Kemudian saat melihat mertuanya, langsung melakukan penusukan.

Warga sempat memukul punggung pelaku menggunakan Gantar (tongkat panjang) untuk menghentikan aksinya, tapi tidak mempan. Pelaku kemudian pergi ke rumahnya.

“Pakai semacam pisau belati gak tau pisau dapur. Pada saat itu sempat dipukul punggungnya oleh warga tapi tidak mempan. Lalu dia pulang mandi, pas keluar sudah setelan (pakaian) bagus lagi,” ucapnya.

Sidik bercerita, setelah melakukan perusakan rumah korban pada Minggu lalu, pelaku sempat pergi ke Pangandaran. Namun ketika WNA asal Amerika itu kembali malah melakukan penusukan.

“Kejadiannya di belakang rumah, lagi tani biasa, cuma warga kan tidak bisa bantu karena pakai pisau,” ungkapnya.

Kasus penusukan tersebut kini ditangani oleh Polres Banjar. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengamankan pelaku. Polisi belum memberikan keterangan resmi terkait kejadian tersebut.