BOLAGILA– PP Perbasi telah menetapkan 18 atlet yang lolos Seleksi Nasional (Seleknas) FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers 2023. Para atlet berikutnya langsung masuk Pelatnas.
Indonesia akan mengikuti Kualifikasi SEABA Kejuaraan Asia U-16 FIBA 2023, 17-19 Juli. Berstatus tuan rumah dengan menunjuk Surabaya sebagai kota penyelenggara, Indonesia juga menyiapkan timnya guna mendapatkan hasil terbaik. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, ada Malaysia, Filipina, dan Thailand sebagai peserta.

Perbasi melalui penanggung jawab Seleknas Andika Supriadi Saputra lantas menggelar seleksi selama tiga hari, dimulai 5 Juli di Surabaya. PP Perbasi, melalui Badan Tim Nasional, telah menemukan pemain yang terpilih hari ini.

“Selamat untuk para pemain terpilih. Ini kesempatan langka karena tidak banyak generasi muda seusia kalian memiliki kesempatan membela Merah Putih di ajang internasional,” kata Andika dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/7/2023).

Andika menjelaskan, sebelum mengerucut menjadi 18 nama, para pemain diseleksi dengan dibagi menjadi tiga grup. Langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak muda di Indonesia.

Grup 1 yang berisi pemain rekomendasi Perbasi provinsi, kabupaten dan kota ada 45 pemain. Kemudian Grup 2 yang merupakan pemain hasil pantauan PERBASI bersama Badan Tim Nasional ada 20 nama.

Adapun Grup 3 yang merupakan pemain dari pantauan saat Kejuaraan Nasional tahun 2022 sebanyak 12 pemain. Total ada 77 pemain ikut seleknas.

Dari 77 nama ini, kemudian dikerucutkan menjadi 45 nama pada 6 Juli. Setelah itu diperas lagi menjadi 18 nama pada 7 Juli 2023. Setelah ini juga akan kembali dilakukan pengurangan menyesuaikan kebutuhan tim di kejuaraan nanti.

“Kami salut dengan semangat para pemain. Semuanya memiliki potensi karena memiliki apa yang dibutuhkan dalam bermain bolabasket. Namun kita dihadapkan pada situasi yang harus memutuskan pemain dalam waktu dekat. Kita berlari dengan waktu sehingga harus memutuskan pemain yang paling siap untuk hadapi event terdekat,” ungkap Andika Saputra.

Sementara itu, Ketum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan setelah mendapatkan 18 nama tersebut, para pemain langsung menjalani Training Camp (TC) yang dipimpin Liem Filixs dan Ernest Koswara sebagai asisten pelatih.

“Kami optimistis melalui ajang ini bisa bersaing memperebutkan dua tiket ke Piala Asia U-16 yang diselenggarakan pada 17-24 September nanti,” tegas Susuk, sapaan karib Danny Kosasih.

18 Nama Lolos Seleknas Timnas Basket Indonesia U-16:

  1. Efrael Yerusyalom Enrichia
  2. Gerrard Matthews Boentara
  3. Haerzargreaves Shaq Bigael Joaquin Tumuwo
  4. Hosea Yudija Setiawan
  5. I Gede Bidiseka Sughania
  6. I Gusti Ngurah Putu Krisnanjaya
  7. I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra
  8. Ingvar Abramovich Rusli
  9. Jeremiah Davis Tekadjaya
  10. Jeremy Abner Aritonang
  11. Jonathan Indrawan
  12. Kenneth Leebron Huang
  13. Lodewyk Jason Hendrawan
  14. Matthew Owen Lee
  15. Riovaldo Renjiro Leonardy
  16. Sakha Perwira Ramadhan Dewanto
  17. Stephen Sundinata
  18. Timothy Marvel