BOLAGILA – Sederet Bank besar di Australia mengatakan akan memblokir platform mata uang kripto tertentu, dengan alasan risiko penipuan tingkat tinggi di industri ini.

National Australia Bank adalah bank terbaru yang mengumumkan pemblokiran pada bursa mata uang kripto tertentu, mengutip tingginya risiko penipuan. 

Pada 17 Juli, National Australia Bank (NAB) mengumumkan serangkaian tindakan baru untuk melindungi pelanggan dari penipuan sebagai bagian dari strategi penipuan bank.

Selain menghentikan jutaan pembayaran antara Maret dan Juli 2023, NAB juga akan memperkenalkan pemblokiran pada beberapa platform cryptocurrency untuk membantu melindungi pelanggan dari penipuan.

NAB tidak merinci nama bursa mata uang kripto yang diperkirakan akan menghadapi blokir dari bank. Eksekutif NAB untuk investigasi dan penipuan grup, Chris Sheehan hanya menyebutkan pemblokiran baru akan mempengaruhi platform berisiko tinggi di mana penipuan lebih lazim.

“Para scammer ini adalah bagian dari kelompok kejahatan transnasional yang terorganisir. Semakin banyak, kami melihat mereka menggunakan platform cryptocurrency untuk mengirim dana curian dengan cepat dan sering kali ke luar negeri,” kata Sheehan dikutip dari Cointelegraph, Selasa (18/7/2023).

Dalam pengumumannya, NAB terus mengulangi narasi yang berkembang dari bank lokal, menuduh hampir 50 persen dana penipuan yang dilaporkan di Australia terkait dengan kripto.