— Selama pandemi Corona melanda Indonesia, pemerintah mengeluarkan himbauan untuk melakukan berbagai kegiatan dari rumah guna mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 makin meluas. Mulai dari sekolah, beribadah, hingga bekerja dari rumah.

Saat bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) terkadang menyebabkan beberapa rutinitas menjadi terganggu. Contohnya tidur tidak teratur, mudah lelah, stres, hingga pola makan yang tidak sehat.

Untuk menjaga pola makan tetap stabil dan cukup 10 tipsnya nih, apa saja ya?

1. Jangan bekerja di area dapur

Selama bekerja di rumah, jauhkan tempat kerja dengan area dapur dan sekitarnya. Jika berada berdekatan, bisa-bisa kamu akan terus mencari makanan yang dekat dengan jangkauan mata.

2. Atur jadwal makan dan ngemil

Tidak hanya kegiatan saja yang dijadwalkan selama WFH, makan dan ngemil pun juga harus tetap diatur. Jika biasa makan siang tepat tengah hari, teruslah dijadwalkan agar pola makan tetap stabil dan teratur.

3. Pastikan makan dengan benar

Saat diburu-buru deadline, waktu untuk istirahat dan makan pun pasti tidak sempat. Padahal tubuhmu sudah memberikan sinyal kalau dia butuh asupan makanan alias lapar.

Jika itu terjadi, harus segera makan. Makan bisa mempengaruhi kewaspadaan dan produktivitas selama bekerja. Bila perlu, atur alarm untuk mengingatkannya.

4. Siapkan makan siang

Jika kamu bisa, cobalah untuk menyiapkan menu makan siang terlebih dulu. Tidak perlu yang mewah, yang penting sehat mengandung protein dan sayur-sayuran yang baik untuk tubuh.

Ini dilakukan agar pola makan selama WFH tetap terjadwal dengan baik dan juga sehat.

5. Fokuskan makanan dengan menu yang seimbang

Makanan bertugas sebagai bahan bakar tubuh agar lebih berenergi. Makanan yang dikonsumsi pun harus seimbang serta bergizi, agar selama WFH tetap fokus, produktif, dan merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkannya, coba siapkan makanan yang mengandung protein, serat, lemak sehat, buah dan sayur.

6. Banyak minum air

Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga rentang mengalami sakit kepala dan kelelahan yang tidak baik untuk produktivitas kerja. Untuk mencegahnya, coba sediakan air tepat di tempat biasa kamu bekerja.

Selain itu, hindari minuman bersoda atau jus yang terlalu banyak mengandung gula. Hal itu bisa mendorong berbagai penyakit muncul di kemudian hari, contohnya diabetes.

7. Kurangi asupan kafein

Selama WFH, kebanyakan orang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi agar tetap terjaga, tapi sebenarnya itu ide yang buruk. Terlalu banyak kafein bisa menyebabkan sakit kepala, kecemasan, masalah, dan kelelahan.

Jika tetap ingin mengkonsumsinya, jangan lebih dari dua gelas. Selain itu, hindari penambahan krimer, gula yang berlebih, atau perasa lainnya karena bisa menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh.

8. Jangan sering jajan junk food

Jangan biasakan memasok makanan cepat saji untuk menu makan sehari-hari atau jajan junk food di restoran luar. Makanan junk food tersebut tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk tubuh, tapi punya kalori yang tinggi.

9. Jangan kerja sambil makan!

Makan sambil bekerja ternyata tidak baik lho. Jika terbiasa melakukan dua kegiatan itu secara bersamaan, membuat kamu secara tidak sadar akan makan berlebihan dan jauh dari rasa kenyang.

Untuk mencegahnya, coba sisihkan waktu untuk makan dengan tenang tanpa gangguan pekerjaan selama beberapa menit. Jika ini dijalankan dengan benar, kamu akan merasa lebih siap untuk bekerja kembali.

10. Takar makanan dengan jumlah yang tepat

Agar jumlah takaran makan sesuai, cobalah terapkan metode piring sehat. Caranya, isi setengah piring dengan sayuran non-tepung, seperempat piring dengan protein tanpa lemak, dan satu piring dengan makanan berkarbohidrat serat tinggi, seperti biji-bijian.