BOLAGILA – Pelatih Persib Bandung Luis Milla menyatakan mundur dari jabatannya per hari ini, Sabtu (15/7/2023). Hal itu dia sampaikan langsung dalam konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

Berikut pernyataan lengkap Luis Milla terkait keputusannya mundur sebagai pelatih kepala Persib seperti dilansir dari situs resmi klub.

“Ini hari yang sulit karena harus meninggalkan Persib atas alasan personal. Bagi saya, waktu dan perjalanan bersama Persib dilalui dengan baik, penuh kasih sayang dan kecintaan dari semua aspek dalam klub,” kata Milla membuka keterangannya. 

Milla mengatakan, keputusan mundur sebagai pelatih ini tidak berkaitan dengan anak asuhnya. Selain Milla, asisten pelatih Manuel Perez-Cascallana dan pelatih fisik, Carlos Grande Rodriguez pun turut mundur. 

“Apapun yang sudah saya lalui bersama para pemain pun dilalui dengan baik. Jadi, ini adalah masalah personal. Sulit, tapi harus bisa saya putuskan,” ucap pelatih asal Spanyol tersebut. 

Di akhir pernyataannya, Milla secara khusus menyampaikan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan. 

Dalam kesempatan itu, ia didampingi Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar, Kuswara S. Taryono, Deputy CEO Teddy Tjahjono dan Commercial Director, Gabriella Witdarmono. 

“Terima kasih Persib, teman-teman semua dan orang-orang sekitar yang selama ini sudah sabar dan memberikan cinta dan kasih sayang juga support hingga hari ini,” tutur Milla.

Sementara itu, Persib menyampaikan bahwa pertandingan melawan Dewa United menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda. Seiring dengan keputusan Milla itu, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez turut mundur dari jajaran staf pelatih.

Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya,” tulis keterangan resmi klub.

Diketahui, persoalan ini telah merundung Milla sejak lama, tapi baru terungkap saat ini yang menurutnya menjadi waktu terbaik agar stabilitas tim di Liga 1 musim ini terjaga.

Persib sangat menghormati keputusan yang sudah diambil Milla, Carlos dan Manuel Cascallana. Manajemen klub juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan ketiganya selama ini.

Di bawah asuhan Milla, Persib menempati peringkat ketiga pada kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, setelah sempat tertatih-tatih di awal musim.

Sejak menjalani debut memimpin Persib pada laga kontra RANS Nusantara pada pekan kedelapan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, Luis Milla telah berhasil mencatat 17 kemenangan, 4 imbang, dan 6 kalah.

Sedangkan pada musim ini, Milla baru membawa Persib meraih tiga poin dalam tiga pertandingan yang penuh kerja keras dan perjuangan.

Selanjutnya, Persib menunjuk Yaya Sunarya untuk menjadi pelatih sementara dibantu oleh Bayu Eka Sari dan Luizinho Passos.

Maung Bandung akan bergerak secepat dan setepat mungkin dalam mencari pelatih pengganti. Karenanya, mohon doa dan dukungan dari seluruh Bobotoh agar Persib bisa melalui masa-masa ini sesegera mungkin sehingga perjalanannya di Liga 1 bisa terus berlanjut tanpa menemui kendala.