BOLAGILA, Jakarta Dengan melonjaknya inflasi, meningkatkan pendapatan menjadi prioritas utama bagi banyak orang.

Menurut salah satu survei perusahaan perangkat lunak SDM Workhuman, hampir setengah pekerja atau sekitar 47,7 persen mengatakan tujuan utama di 2023 adalah mendapatkan promosi atau kenaikan gaji. Sementara 32,1 persen mengatakan ingin mendapatkan pekerjaan baru dengan gaji yang lebih tinggi.

Dalam hal kenaikan gaji, tentu ada sisi baik dan buruknya. Kabar baiknya, terlepas dari kabar PHK perusahaan berencana untuk lebih bermurah hati dengan menaikan gaji si tahun ini. Sebanyak 64 persen pemberi kerja mengatakan bahwa mereka meningkatkan kenaikan gaji tahunan di 2023, naik 23 persen dari 2022, menurut ke survei Salary.com terhadap profesional SDM. Akan tetapi, berita buruknya mereka tidak mencocokkan kenaikan itu dengan inflasi.

Perusahaan berencana untuk menawarkan kenaikan rata-rata 4 persen tahun ini, sementara inflasi telah mereda dari nilai tertinggi di pertengahan 2022, laporan inflasi terbaru menunjukkan harga konsumen turun, masih naik 6,4 persen dari tahun lalu.

Cara Terbaik Agar Gaji Naik: Ganti Pekerjaan

Pakar karier mengatakan cara terbaik untuk menaikkan gaji adalah dengan berganti pekerjaan.

“Peralihan pekerjaan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kenaikan gaji,” kata direktur riset ekonomi di Indeed Nick Bunker seperti dilansir CNBC, Minggu(18/2/2023).

Dia menambahkan, “Orang-orang berhenti dari pekerjaan mereka karena membayar untuk berhenti dari pekerjaan mereka.”

Di samping itu, Federal Reserve melacak pertumbuhan upah dan orang yang beralih pekerjaan hampir selalu menjadi yang teratas dibandingkan dengan karyawan yang tetap tinggal.

Pada Januari, misalnya, mereka yang menetap di perusahaan mendapat kenaikan gaji rata-rata 5,4 persen, sedangkan yang beralih mendapat kenaikan gaji rata-rata 7,3 persen.

Namun, jika Anda memilih untuk berganti pekerjaan, ingatlah bahwa ketika pergi, Anda melepaskan senioritas. Tentu saja, tidak pernah ada jaminan bahwa Anda akan mempertahankan pekerjaan, tidak peduli berapa lama Anda telah bekerja di sebuah perusahaan, tetapi pemberi kerja cenderung melepaskan karyawan yang hanya bekerja dalam waktu singkat.

Jika lebih menyukai pekerjaan, tetapi bukan gaji, itu mungkin masih masuk akal untuk melamar peluang eksternal. Jika mendapat tawaran untuk mendapatkan lebih banyak uang, Anda dapat menyampaikan tawaran itu kepada atasan dan berkata, “Pak/Bu, bisakah Anda mempertimbangkannya?

Berbicara soal gaji dengan atasan

Tentu saja, tidak ada jaminan bahwa atasan Anda mengabulkan atau akan menyamakan kenaikan gaji tersebut. Perusahaan bergulat dengan inflasi. Jadi, Anda harus siap untuk ditolak.

Dengan kesempatan terbaik untuk mendapatkan kenaikan gaji itu berarti Anda harus bersiap-siap. Bahkan dengan tawaran pekerjaan, Anda tidak bisa begitu saja masuk ke kantor atasan dan meminta kenaikan gaji karena pantas mendapatkannya. Ini membutuhkan sedikit kemahiran.

“Nyatakan fakta sehingga Anda dapat menunjukkan kepada atasan Anda betapa berharganya Anda,” kata pakar karier di Monster.com Vicki Salemi.

Berikut adalah beberapa tips untuk meminta kenaikan gaji:

a. Ketahui tarif yang berlaku untuk bidang pekerjaan

Lakukan penelitian tentang gaji untuk posisi serupa menggunakan situs, seperti Salary.com, Indeed atau Glassdoor.

b. Rangkum setiap peningkatan tanggung jawab dan proyek

Lakukan ini seperti yang telah Anda lakukan sejak dipekerjakan dan jelaskan alasan yang Anda lakukan sekarang lebih berharga daripada gaji yang didapatkan saat dipekerjakan.

c. Jabarkan pencapaian Anda

Informasikan secara detail pekerjaan dan nilai yang Anda bawa ke perusahaan. Jika memungkinkan, hitung dalam jumlah — peningkatan penjualan sebesar X persen, mendatangkan sejumlah X klien baru, dll.

d. Sampaikan alasan Anda menyukai pekerjaan ini

Jika Anda terlihat sebagai karyawan yang tidak puas yang hanya menginginkan lebih banyak uang, itu akan menjadi penjualan yang lebih sulit. Ingat, perusahaan hanya bersedia membayar lebih untuk hal-hal yang menurut mereka sepadan dengan uang ekstra itu. Jadi, pikirkan itu saat mendekati atasan Anda.

Lakukan PHK

Di samping itu, penting pula untuk mengingat waktu. Jika perusahaan Anda sedang melakukan PHK saat ini, mungkin jangan meminta kenaikan gaji.

Ingat pula bahwa hanya karena tahu cara meminta kenaikan gaji dan memiliki kasus yang kuat, bukan berarti Anda akan mendapatkannya. Jadi, tetaplah menjadi ramah apapun hasilnya.

Jika ditolak, mungkin akhiri percakapan dengan mengatakan, “Saya mengerti. Mungkin kita bisa melihat seperti apa pemandangannya dalam enam bulan dan meninjau kembali percakapan itu”.

Kemudian atur pengingat kalender untuk mengatur pertemuan dengan atasan dalam enam bulan.

Selanjutnya, tanyakan kepada atasan hal yang dapat Anda lakukan sementara itu untuk menyiapkan diri Anda demi promosi dan kenaikan gaji di masa depan