BOLAGILA, Jakarta – Cuaca hari ini di akhir pekan, Sabtu (18/2/2023), langit pagi Jakarta hampir seluruhnya diprediksi turun hujan ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan.

Siang nanti, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seluruh wilayah Jakarta diprakirakan hujan berintensitas ringan hingga sedang.

Tetapi langit cerah berawan, diprediksi ada di Ibu Kota Jakarta pada malam hari nanti.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Kep. Seribu, Jakut, Jakpus pada dini hari,” terang BMKG.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat, pagi hari ini diprediksi diguyur hujan berintensitas ringan hingga sedang, lalu siang sampai malamnya berawan.

Berbeda, di Kota Bogor, Jawa Barat, pagi harinya diprakirakan berawan, siang sampai malam nanti hujan berintensitas ringan hingga sedang.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan terjadinya angin kencang antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kab dan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kabupaten Cianjur,” jelas BMKG.

Tak jauh berbeda, Kota Tangerang, Banten, pagi dan malam nanti diprediksi berawan, lalu siang harinya hujan dengan intensitas ringan.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang bagian Barat, Kabupaten Tangerang bagian Selatan, dan Kota Tangerang Selatan,” tegas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip  dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota Pagi Siang Malam
 Jakarta Barat Hujan Ringan Hujan Ringan Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Hujan Ringan Hujan Ringan Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Berawan Hujan Sedang Cerah Berawan
 Jakarta Timur  Berawan Hujan Sedang Cerah Berawan
 Jakarta Utara  Hujan Ringan Hujan Ringan Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Hujan Ringan Cerah Berawan Cerah Berawan
 Bekasi  Hujan Sedang Berawan Berawan
 Depok  Hujan Ringan Berawan Berawan
 Kota Bogor Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
 Tangerang Berawan Hujan Ringan Berawan

Musim Hujan, Waspada Penyakit Menular

Pada masa peralihan musim atau pancaroba, masyarakat diminta untuk mewaspadai ancaman penyakit menular.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Ngabila Salama, MKM, mengatakan, saat ini imunitas masyarakat terhadap Covid-19 mungkin saja bagus, namun belum tentu dengan penyakit menular lainnya.

“Tentunya (yang harus diwaspadai) adalah penyakit menular. Karena ini kan peralihan musim, penyakit menular ini banyak. Apalagi di era Covid-19 ini, mungkin imunitas kita terhadap Covid-19 bagus, tapi imunitas kita terhadap flu dan penyakit menular lain bisa jadi enggak bagus,” ujar Ngabila, Minggu, 12 Februari 2023, dilansir Antara.

Saat pancaroba, jelas Ngabila, kelembapan jadi faktor utama yang membuat imunitas menurun. Sehingga berbagai jenis kuman dan virus penyebab penyakit bisa mudah masuk ke dalam tubuh.

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit dan komplikasi atau kematian, kata Ngabila.

Cegah sakit berarti melakukan berbagai upaya pencegahan seperti menerapkan pola hidup sehat, termasuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan memperhatikan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Pemakaian masker juga harus disiplin.

“Memang kalau enggak penyakit pernapasan, ya penyakit pencernaan. Berarti penularannya pasti lewat tangan, kemudian airborne, droplet, lewat udara. Jadi tetap disiplin bermasker, rajin cuci tangan, dan jaga kebersihan diri. Juga kebersihan makanan, minuman, dan lingkungan sekitar,” jelasnya.