BOLAGILA – Instagram tengah menguji coba fitur langganan yang memungkinkan influencer memiliki pengikut berbayar. Uji coba fitur tersebut dilakukan pada sejumlah kecil kreator konten dan influencer di Amerika Serikat sejak Rabu (19/1).

Dengan fitur ini, pengikut akan bersedia membayar biaya bulanan untuk mengakses konten khusus dari kreator konten yang mereka ikuti, seperti tayangan Live dan Stories eksklusif.

Kendati demikian pengikut yang tidak berlangganan tidak perlu khawatir karena tetap bisa menikmati konten reguler dari kreator tersebut, tapi “seadanya“.

Instagram menyebut saat ini ada sepuluh pembuat konten yang menjadi bagian dari uji coba tahap awal, di antaranya pemain bola basket Sedona Prince, atlet olimpiade Jordan Chiles, dan astrolog Aliza Kelly.

“Saya bersemangat untuk terus membangun alat bagi pembuat konten untuk mencari nafkah dengan melakukan pekerjaan kreatif dan segera menempatkan alat ini di tangan lebih banyak pembuat konten,” kata Mark Zuckerberg, CEO Meta dalam sebuah posting Facebook.

Sebelumnya pada 2020, Facebook mengumumkan fitur berlangganan yang memungkinkan pembuat konten menghasilkan uang dengan bantuan penggemar mereka. Sekarang model bisnis yang sama diperluas ke platform Instagram.

Dikutip dari Republic World, setelah melakukan uji coba tahap awal, Instagram berencana untuk memberikan fitur ini kepada pembuat konten yang lebih banyak dalam beberapa bulan mendatang.

Dalam sebuah video, Bos Instagram Adam Mosseri mengatakan fitur berlangganan adalah salah satu cara terbaik bagi influencer dan pembuat konten untuk memiliki pendapatan tetap.