Menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca panas di Indonesia masih akan berlangsung hingga November 2019. Tak hanya suhu udara yang panas, tubuh juga berisiko kepanasan dan alami sejumlah masalah  kesehatan.

rainbowjuice


Sejumlah masalah kesehatan kerap terjadi selama musim panas. Sebagian bisa diawali oleh dehidrasi, yaitu saat tubuh kekurangan cairan. Umumnya, dehidrasi disebabkan karena banyaknya produksi keringat namun tak diimbangi dengan konsumsi cairan yang cukup. Beberapa gejala dehidrasi ialah sakit kepala yang tiba-tiba, mudah lemas, kejang, hingga gangguan ginjal.

Untuk menghindari dehidrasi, saran paling umum adalah banyak mengonsumsi air putih. Padahal, selain air putih, cairan juga bisa didapat dari makanan yang kaya nutrisi. Berikut sejumlah makanan kaya air dan nutrisi yang tak hanya mampu meningkatkan stamina, namun juga tingkatkan imun tubuh di tengah banyaknya penyakit menular akibat cuaca panas, seperti flu hingga DBD.

  1. Semangka
    Semangka merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi berkat kandungan cairannya yang mencapai 96 persen
  2. Bayam
    Selain mengandung magnesium, vitamin, serta mineral penting lainnya, bayam juga memiliki kandungan air yang tinggi yaitu sebesar 92 persen. Sayuran berdaun hijau ini mampu menghidrasi tubuh, dan baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, serta tulang. Bagi Anda yang sedang diet, mengonsumsi bayam juga bisa sangat membantu turunkan berat badan karena bayam rendah kalori dan kaya akan serat
  3. Stroberi
    Satu buah stroberi terdiri dari 91 persen air yang dapat membantu Anda mempertahankan asupan air harian. Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan serat, vitamin, mineral dan dan antioksidan penangkal penyakit
  4. Persik
    Persik adalah buah yang padat nutrisi dengan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan potasium. Selain itu, buah persik juga sangat menghidrasi karena hampir 90 persen beratnya adalah air.
  5. Blewah
    Segelas blewah (177 gram) mengandung 90 persen air, menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi di cuaca yang panas. Selain itu, segelas blewah juga terdiri dari 2 gram serat serta diperkaya oleh vitamin A yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Air kelapa
    Jika Anda bosan dengan air putih, air kelapa bisa menjadi alternatif yang baik. Selain mengandung 95 persen cairan, air kelapa juga diperkaya dengan kandungan elektrolit yang dapat membantu menghidrasi tubuh dengan cepat setelah beraktivitas. Meminum air kelapa setelah berolahraga terbukti lebih sehat dibandingkan minuman isotonik, karena minuman isotonik kemasan umumnya mengandung banyak gula.