Bolagila.asia, Jakarta- Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria berjalan kaki keluar dari puskesmas cikokol, Tanggerang, sambil menggendong jenazah menjadi perbincangan netizen.

Video itu diunggah oleh berbagai akun media sosial, salah satunya akun Instagram @tantee_rempoong_official.

Namun narasi-narasi yang tersebar di media sosial cendrung berbeda dengan faktanya. Dalam akun tersebut, pria itu disebutkan sebagai ayah dari Muhammad Husen (9), korban tenggelam di Sungai Cisadane. Padahal pria itu adalah Supriyadi (40), paman dari korban tersebut.

Disebutkan pula bahwa Supriyadi membawa jenazah tersebut dengan berjalan kaki lantaran merasa kecewa dengan Puskemas Cikokol. Hal itu berbeda dengan pengakuan Supriyadi. Ia mengangkat jenazah Husen dengan berjalan kaki karena ingin segera jenazah keponakannya tersebut dimakamkan. bolagila.asia merangkum sejumlah fakta mengenai peristiwa tersebut.

  1. Husen tewas tenggelam di Sungai Cisadane

Jumat (23/8/2019) lalu pukul 15.00 WIB, Supriyadi mendapat kabar dari warga bahwa keponakannya tenggelam dan hanyut saat bermain bersama teman-temannya di Sungai Cisadae.

Ia pun langsung mendatangi sungai. Setiba di sana, Supriyadi mendapati keponakannya sudah di angkat oleh anggota tim SAR Kota Tangerang. Dari pengamatannya, ia menduga keponakannya sudah meninggal dunia.

Namun untuk memastikan, ia dibantu warga sekitar membawa keponakannya tersebut ke Puskesmas Cikokol.

Setiba di puskesmas, dokter-dokter yang ada langsung memeriksa korban “Dia (dokter puskesmas) bilang, ‘Pak saya cuma bisa berusaha’. Saya bilang enggak apa-apa, kalau emang enggak ketolong emang sudah takdir,” kata Supriyadi di kediamannya, Minggu kemarin. Dugaan Supriyadi benar, Husen sudah tidak bernyawa.

2. Ambulans puskesmas tidak untuk angkut jenazah

Warga Tuntut Dinas Kesehatan Perbaiki Layanan

Setelah nengetahui Husen meninggal, Supriyadi ingin segera membawa pulang jenazah keponakannya agar bisa segera dimakamkan. Ia ingin menggunakan ambulans yang ada di Puskesmas Cikokol. Namun pihak puskemas tidak menyanggupi. Alasannya, sesuai SOP (standard operating procedure) ambulans digunakan untuk mengantar-jemput pasien yang sakit dan tidak untuk mengantar jenazah. “Nah dia (puskesmas) ngasih solusi (diberikan) nomor-nomor yang bisa dihubungi buat ambulans (jenzah),” tutur Supriyadi.

3. Kesulitan hubungi mobil jenazah

Salah satu nomor telepon yang dihubungi Supriyadi adalah nomor 021-55771135. Berdasarkan penelusuran Kompas.com di website Pemkot Tangerang,

Nomor itu terdaftar sebagai nomor kontak ambulans gratis Kota Tangerang. “Saya nelpon diterima, diangkat ‘Selamat sore Bapak dengan ambulans gratis Kota Tangerang ada yang bisa saya bantu’. Saya lagi ngomong, katanya sinyalnya putus-putus,” ujarnya. Supriyadi pun berkeliling-keliling Puskesmas Cikokol untuk mencari lokasi sinyalnya baik tetapi hasilnya nihil. Tiga kali ia coba mengontak call center tersebut tetapi tetap sulit terhubung.