BOLAGILA – Filipina datang dengan beberapa pemain keturunan baru saat melawan Indonesia. Wajah The Azkals bakal berbeda dari pertemuan sebelumnya dengan Tim Garuda.
Timnas Indonesia akan melawan Timnas Filipina pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) dini hari WIB. Duel ini akan menjadi penentu kelolosan Tim Merah Putih ke fase berikutnya.

Indonesia saat ini berada di peringkat kedua Grup F dengan tujuh angka tertinggal delapan dari Irak yang sudah memastikan lolos ke sebagai juara grup. Posisi Indonesia belum aman karena hanya terpaut satu angka dari Vietnam di urutan ketiga. Sementara, Filipina di posisi juru kunci dengan satu poin.

Tim Garuda wajib menang atas Filipina jika ingin amankan tiket babak ketiga tanpa bergantung hasil laga Irak vs Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong bisa tersingkir jika Indonesia gagal menang atas Filipina. Sementara, Vietnam mampu mengalahkan Irak.

Misi Indonesia mengamankan tiga angka dari Filipna tak sepenuhnya mudah karena The Azkals datang dengan sejumlah pemain keturunan yang baru dipanggil oleh pelatih Tom Saintfiet. Wajah Filipina bakal berbeda daripada saat pertemuan pertama di ajang ini kala kedua tim bermain imbang 1-1 di Manila.

Para pemain keturunan yang baru dipanggil turut membantu Filipina menyulitkan Vietnam di kandang. The Golden Stars butuh gol di menit akhir untuk menang 3-2.

Zico Bailey (23 tahun), Dylan Demuynck (20 tahun), Adrian Ugelvik (22 tahun), Alex Monis (21 tahun), serta Scoot Woods (24 tahun) deretan pemain keturunan yang mencatatkan caps pertama untuk Filipina di laga melawan Vietnam. Lima pemain ini langsung dimainkan sebagai starter.

Bailey dan Monis bermain di Amerika Serikat bersama New Mexico United dan New England Revolution II. Sementara, Woods dan Ugelvik bermain kasta kedua Liga Norwegia.

Demuynck bisa dibilang punya karier yang paling menjanjikan di antara empat pemain sebelumnya. Pemain Zulte Waregem ini pernah membela Timnas Belgia U-15 dan U-20.