BOLAGILA – Jordi Amat sering melakukan blunder yang merugikan Timnas Indonesia, termasuk kartu merah di laga kontra Irak. Begini komentar Shin Tae-yong.
Pemain Johor Darul Takzim itu diusir wasit setelah melanggar Zidane Iqbal pada laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024).

Indonesia yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-59 akhirnya kalah 0-2 karena tidak bisa mengimbangi Irak. Ini merupakan kali kesekian Jordi Amat merugikan Indonesia. Sebelumnya ia juga punya sederet blunder selama membela Garuda.

Blunder-blunder Jordi Amat sampai berbuah gol yang bersarang ke gawang Timnas Indonesia saat jumpa Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026, serta blunder lagi di laga uji coba jelang Piala Asia 2023 saat melawan Libya.

Blunder seolah menjadi masalah lini belakang Timnas Indonesia sebagaimana terjadi lagi saat Garuda takluk 0-5 dari Iran pada uji coba terakhir. Tak diketahui siapa yang melakukan kesalahan karena laga tertutup, tapi Shin Tae-yong menyebut tiga dari lima gol Iran karena kesalahan pemainnya sendiri.

Belum berhenti di sana, Jordi Amat kembali melakukan dua blunder pada laga perdana Timnas Indonesia di Piala Asia saat jumpa Irak. Kesalahan passingnya di lini tengah pada babak pertama nyaris berbuah gol, beruntung Elkan Baggott melakukan tekel heroik saat pemain Irak tinggal menendang bola di depan gawang.

Masih di laga yang sama, eks Swansea Citu itu kemudian nyaris melakukan gol bunuh diri. Ia menyundul bola ke arah gawang sendiri, untungnya bola masih membentur mistar gawang Indonesia.

Saat Indonesia jumpa Jepang, ia dengan ceroboh melanggar Ayase Ueda pada menit awal. Indonesia dihukum penalti dan kebobolan di awal laga dan akhirnya kalah 1-3.

“Jordi memang pemain top. Dan saya melihat kesalahan-kesalahan itu bukan karena faktor usia, hari ini dia baik,” kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan.

“Tetapi memang kesalahan terakhir yang kartu merah itu yang membuat tim kami jatuh dalam kondisi sulit. Untuk masalah itu, Jordi akan mengecek dan mengevaluasi dirinya sendiri,” ujarnya.

Kartu merah langsung yang didapat Jordi Amat membuatnya bakal absen dalam dua laga ke depan. Indonesia masih punya sisa satu laga babak kedua kualifikasi melawan Filipina di SUGBK pada 11 Juni.

Hanya kemenangan yang bisa memastikan Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi. Jika Indonesia lolos, maka Jordi Amat masih akan absen pada laga pertama putaran ketiga.