Bitcoin kembali menguat ke level USD 67.000 dan telah menguji ulang tingkat harga USD 68.000 di tengah volatilitas yang intens. Namun, para pelaku pasar tetap menggarisbawahi bangkitnya Bitcoin sebagai tanda bahwa pasar kripto masih dibayangi sentimen bullish.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjabarkan, harga BTC saat ini berada di atas moving average 50 hari dan 200 hari, sebuah indikasi sentimen bullish baik dalam jangka pendek maupun panjang.Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu kenaikan Bitcoin menjelang akhir pekan ini.

Pertama, pengaruh ETF spot Bitcoin tetap menjadi faktor pendorong karena mereka terus membentuk minat investor institusional. Mengingat akumulasi yang stabil, pedagang dan investor menggambarkan koreksi tersebut sebagai tindakan yang sehat dan perlu untuk membantu menghidupkan kembali harga BTC.

“Selanjutnya, sentimen tersebut muncul dari pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell, yang berbicara tentang penurunan suku bunga akhir tahun ini dan menyoroti ketergantungan pada data untuk pengambilan kebijakan di masa depan,” kata Fyqieh dalam Investigasinya. , Jumat (3 Agustus 2024).

Data pasar tenaga kerja AS yang lebih lemah dari perkiraan dirilis pada hari Kamis, 7 Maret, menunjukkan Federal Reserve akan menurunkan suku bunga lebih cepat. BTC segera bereaksi terhadap data pekerjaan AS dan pidato Powell, naik dari level tertinggi $64,706 ke level tertinggi $67,567 sebelum jatuh lagi.

Saat ini, narasi seputar Bitcoin masih tampak positif, meski mendekati level tertinggi sebelumnya. Meski demikian, pelaku pasar juga perlu mewaspadai adanya kemungkinan koreksi sebelum kembali naik.Halving Bitcoin yang akan datang adalah pemicu utama yang akan melengkapi permintaan saat ini untuk produk spot BTC ETF. Dengan berkurangnya pasokan sebesar 50%, jika permintaan terus berlanjut, krisis pasokan akan sangat parah sehingga pasar akan menaikkan harga BTC.

NFP adalah salah satu indikator ekonomi terpenting yang sangat diharapkan oleh para pelaku pasar, karena memberikan gambaran jelas mengenai keadaan pasar tenaga kerja di Amerika Serikat.
,
Secara keseluruhan, angka NFP yang kuat cenderung dianggap positif untuk pasar kripto. Angka-angka yang menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat biasanya menunjukkan perekonomian yang sehat dan stabil, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kepercayaan investor.Namun, reaksi pasar kripto terhadap data ekonomi bisa sangat kompleks. Sentimen
.
Crypto Fear & Greed Index masih sangat baik pada posisi level “Extreme Greed” dengan 81 poin pada hari Jumat 8 Maret 2024. Hal ini menunjukkan bahwa investor cenderung sangat optimis dan mau mencari peluang, serta mengambil risiko yang lebih besar demi meraih keuntungan.