Bennu merupakan salah satu asteroid yang menjadi target penelitian NASA. Ilmuwan NASA menganalisis bagian dari asteroid Bennu di Johnson Space Center.
Bennu bukanlah asteroid biasa. Bennu dinobatkan sebagai “asteroid paling berbahaya di dunia” dengan skor tertinggi dalam Skala Ancaman Dampak Teknis Palermo.

Hal ini disebabkan kemungkinan asteroid Bennu akan menghantam Bumi dengan kekuatan besar dalam 159 tahun ke depan. Risiko tabrakan antara Bennu dan Bumi adalah 1:2700. Meski terdengar kecil, kemungkinan terjadinya tabrakan antara Bumi dan Bennu masih bisa terjadi.
Saya ingat sebuah asteroid yang jauh lebih kecil dari Bennu pernah menghantam bumi dan berhasil memusnahkan dinosaurus. Bennu tidak merusak bumi dan kehidupan di dalamnya.
Namun, asteroid tersebut meninggalkan kawah sepanjang 6,4 km dan menghancurkan kota-kota terdekat. Kali berikutnya Bennu terbang ke bumi adalah pada tahun 2135.

Lintasan tersebut dapat menempatkan Bennu pada jalur tabrakan dengan Bumi karena tarikan gravitasi planet kita. Bennu berpeluang terbesar menabrak Bumi pada 24 September 2182.
Peluncuran situs resmi NASA. Bennu merupakan asteroid yang berisi tumpukan puing yang berputar-putar.


Lebarnya sekitar sepertiga mil (500 meter) dan terdiri dari bebatuan yang terikat gravitasi. Menariknya, para ilmuwan percaya bahwa Bennu memiliki air dalam bentuk es yang terkunci di bebatuan dan karbon, yang sebagian besar terkait dengan kehidupan.
Bennu juga dapat dianggap sebagai peninggalan kuno dari masa awal tata surya kita, karena usianya lebih dari 4,5 miliar tahun. Para ilmuwan menduga komposisi Bennu saat ini terbentuk dalam waktu 10 juta tahun setelah terbentuknya Tata Surya.


Bennu diyakini telah terpisah dari asteroid berkarbon yang jauh lebih besar sekitar 700 hingga 2 miliar tahun yang lalu. Bennu kemungkinan terbentuk di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter. Sejak itu, Bennu semakin mendekati Bumi. Karena Bennu sangat tua, ia mungkin mengandung molekul organik yang mirip dengan molekul yang mungkin terlibat pada tahap awal kehidupan di Bumi.
Sebelumnya, pada 24 September 2023, ilmuwan NASA mengumpulkan 1 kg sampel debu luar angkasa dan kerikil dari asteroid Bennu. Partikel-partikel ini dibawa oleh pesawat luar angkasa dan mendarat di gurun Great Salt Lake di Utah, AS.


Sampel tersebut melaju dengan kecepatan 7.778 km/jam dalam tiga tahun sejak diambil dari asteroid Bennu. Ini adalah momen yang paling dinantikan dalam misi Asal Usul, Interpretasi Spektral, Identifikasi Sumber Daya, dan Penjelajah Regolith Keselamatan (OSIRIS-REx) NASA.
Selain penelitian tersebut, NASA juga menguji asteroid Bennu sebagai tindakan pencegahan terhadap ancaman.