BOLAGILA. Jakarta Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 mendapat pujian dari FIFA. Tak hanya federasi, sejumlah negara peserta turnamen tersebut mengaku puas dengan pelayanan dan fasilitas penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Wakil Ketua Pelaksana (LOCPiala Dunia U-17 2023 yang juga Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan pujian dari FIFA itu berdasarkan hasil laporan dari tim-tim peserta. Mereka memuji setiap lapangan pertandingan dan latihan yang disiapkan Indonesia. Selain itu tim-tim peserta turut memuji keramahan dan pelayanan yang diberikan selama tanding di Indonesia.

“Buat kami (LOC), pujian tertinggi memang datang dari tim-tim peserta. Di mana mereka puas dengan pelayanan yang diberikan mulai dari penyediaan fasilitas lapangan, pelayanan, serta hospitality. Mengingat tim-tim kelas dunia pasti memiliki riders (daftar permintaan khusus) pasti sangat banyak dan itu semua bisa terpenuhi,” kata dia Pusat Informasi Piala Dunia U-17 di Hotel Zolia Zigna, Solo, Jumat (1/12/2023).

Meski banjir pujian tetapi Ratu Tisha mengatakan LOC juga tidak luput dari kesalahan yang diberikan FIFA. Dia menyebutkan terdapat tiga evaluasi dari federasi sepakbola dunia itu.

“Pertama, adalah soal perencanaan. Di mana gap antara perencanaan dan implementasinya waktunya sangat mepet. Untuk FIFA ini harus tepat penerimaannya. Misalnya, jika perencanaannya 70 persen, maka implementasinya juga harus 70 persen. Lalu, kalau rencananya A ya implementasinya juga harus,” bebernya.

Sedangkan yang kedua terkait perbedaan sistem manajemen di FIFA dan Indonesia terutama di beberapa kementerian atau lembaga yang tidak sama. Ini menyulitkan FIFA untuk melakukan monitoring.

“Jadi butuh sistem yang lebih terukur lagi, yang bisa menyelaraskan dengan sistem FIFA. Karena sistem di Indonesia, bukan hanya di PSSI saja, tetapi di Kementerian/Lembaga juga memiliki sistem yang beragam,” katanya.