Viral di TikTok Unggahan Video yang Memperlihatkan Jovi Adhiguna Makan Bakso Campur Kerupuk Babi. Sementara Jovi Makan Bakso di Restoran A Fung yang Diketahui Sudah Mengantongi Sertifikat Halal

BOLAGILA  Selebgram bernama Jovi Adhiguna menjadi perbincangan publik karena aksinya makan bakso halal pakai kerupuk babi. Banyak warganet yang mengecam aksi tidak terpuji Jovi Adhiguna di restoran halal.

Menanggapi ini, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham mengimbau restoran lebih selektif mencermati konsumen.

“Resto-resto supaya bisa lebih hati-hati dan lebih waspada dan selektif mencermati,” kata Aqil di resto kawasan Jakarta Timur, Kamis (28/7/2023).

Dia mengatakan setiap restoran pasti memiliki manajemen. Jika memiliki sertifikat halal, maka manajemen pasti melarang konsumen membawa makanan dari luar.

“Salah satu kebijakan halal itu kan ditulis, konsumen enggak boleh bawa makanan dari luar. Karena itu imbauan kita kepada penyedia halal di setiap perusahaan,” kata Aqil.

“Supaya jangan ada orang yang bawa makanan dari luar yang dikhawatirkan terkontaminasi (haram),” ujar Aqil.

Video viral selebgram Jovi Adhiguna yang memesan menu di Baso A Fung, namun menambahkan kerupuk babi, memancing kecaman dari publik.

Aksi selebgram itu dinilai tak etis karena menyantap makanan non halal di restoran yang sudah bersertifikat halal. Kala itu, Jovi Adhiguna memesan menu di Baso A Fung saat berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pihak restoran berupaya untuk menjaga sertifikasi halal yang sudah dimiliki. Proses penghancuran alat makan juga sempat diunggah di akun instagram @basoafung dan mendapat banyak komentar warganet.