— Aksi prank kembali membuat heboh dunia media sosial. Kali ini dilakukan YouTuber asal Bandung, Ferdian Paleka yang mengunggah video yang menampilkan dirinya dan dua temannya membagikan ‘makanan’ sampah ke waria dan anak kecil di jalan.

Hal ini pun menuai banyak kecaman dari netizen. Banyak di antaranya yang menganggap tindakan Ferdian ini hanya mencari sensasi dan popularitas di media sosial.

“Followersnya banyak jg beli dimana, mas? kesel ga ngetop2 akhirnya bikin video norak ya?” ujar salah satu netizen.

Menurut psikolog dari Personal Growth, Diah Ayu, saat ini memang banyak sekali orang yang ingin cepat viral atau terkenal dengan cara yang instan. Tak jarang dari mereka yang rela melakukan berbagai tindakan atau cara apapun, agar bisa terkenal meskipun jauh dari rasa empati terhadap sesama manusia.

“Untuk zaman sekarang, trennya memang orang-orang pengennya cepat viral dengan cara apapun. Kadang orang melakukan sesuatu hal yang tidak benar, yang tidak ada empatinya, dan menganggap nanti itu akan membuat dia terkenal atau viral secara instan, mungkin ada faktor itu,” jelasnya pada detikcom, Senin (4/5/2020).

Namun, di balik keinginan seseorang yang ingin viral lewat cara melakukan prank ke orang lain, itu tidak mencerminkan memperlakukan orang lain selayaknya manusia. Sehingga, mereka tega melakukan hal seperti itu tanpa pertimbangan rasa empati dan hati nuraninya.

“Tiap orang punya hak untuk diperlakukan selayaknya manusia. Sedangkan, orang yang melakukan tindakan semacam ini, kurang mencerminkan hal itu,” imbuhnya.