Idul Adha Sekaligus Hari Bhayangkara, Polri Kirim 9.300 Kurban ke Seluruh Indonesia

BOLAGILA Polri mengadakan program Kurban Polri Presisi dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 H, sekaligus Hari Bhayangkara ke-77. Kepolisian pun menyerahkan dan mendistribusikan 9.300 hewan kurban jenis sapi dan kambing ke seluruh wilayah Indonesia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, 9.300 hewan kurban yang didistribusikan terdiri dari 5.765 sapi dan 3.535 kambing.

“Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 H yang berbarengan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-77, maka pimpinan Polri mengambil kebijakan dengan menggelar program Kurban Polri Presisi yang akan dilaksanakan penyerahan dan pendistribusian secara serentak oleh Kapolri dan jajaran,” tutur Ahmad kepada wartawan, Kamis (29/6/2023).

Menurut Ahmad, jumlah hewan kurban dari Mabes Polri sebanyak 541 sapi, dengan 476 sapi di antaranya merupakan pemberian dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ratusan sapi yang disumbangkan itu disalurkan ke panitia kurban Mabes Polri sebanyak 37 dan 439 ekor lainnya dikirim ke markas komando dan pondok pesantren seluruh Indonesia.

“Jumlah hewan kurban dari Satwil atau Polda jajaran sebanyak 8.759, dengan rincian 5.224 sapi dan 3.535 kambing,” jelas dia.

Sasaran Distribusi Hewan Kurban Idul Adha

Adapun sasaran pendistribusian hewan kurban di lingkungan Mabes Polri, lanjutnya, diperuntukkan untuk asrama Polri dan pondok pesantren. Sementara hewan kurban jajaran Satwil dan Polda diperuntukan untuk personel Polda, Polres, Polsek, pondok pesantren, dan masyarakat sekitar.

Selain hewan kurban, Polri juga mengirimkan 10 ton daging rendang siap saji, yang kemudian disalurkan oleh Bhabinkamtibmas untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Pelepasan pendistribusian hewan kurban dan 10 ton daging rendang dilakukan oleh Kapolri,” Ahmad menandaskan.