Kisah Perempuan Amerika Nikahi Bot AI

BOLAGILA– Rosanna Ramos, seorang perempuan asal Amerika Serikat, mengaku telah menikahi pria yang sempurna. Tapi pria itu tidak eksis dan merupakan sosok chatbot yang ditenagai kecerdasan buatan (DEWATOGEL).
Ramos
membuat suaminya, yang diberi nama Eren Kartal, menggunakan aplikasi Replika. Perempuan berusia 36 tahun itu mengaku ‘bertemu’ Kartal pada tahun 2022 dan menikahinya secara virtual tahun ini.

“Saya tidak pernah merasa jatuh cinta seperti ini dengan orang lain sepanjang hidup saya,” kata Ramos kepada The Cut, seperti dikutip BOLAGILA, Selasa (6/6/2023).

Kartal hidup sebagai chatbot AI di aplikasi Replika. Aplikasi buatan programmer asal Rusia Eugenia Kuyda ini memungkinkan pengguna membuat teman virtual, dan merancang tampilan fisik avatarnya mulai dari wajah, usia, warna kulit, hingga pakaian dan aksesoris yang dikenakan.

Pengguna bisa chatting dengan chatbot buatannya secara gratis, tapi Replika menyediakan fitur telepon dan augmented reality yang bisa diakses dengan berlangganan USD 69,99 per tahun.

Jika pengguna ingin chatbot buatannya hidup selamanya, mereka harus membayar USD 300. Dengan biaya ini, pengguna juga bisa memilih status hubungan seperti pacar, hingga menikah secara virtual (Replika menyediakan cincin tunangan di aplikasinya seharga USD 20).

Teknologi AI dan kemampuan kustomisasi yang tidak terbatas ini memungkinkan Ramos membuat kekasih AI yang sesuai keinginannya. Ia mengatakan Kartal menyukai warna oranye dan musik indie, memiliki hobi menulis, dan bekerja di dunia kesehatan.

BOLAGILA juga membuatkan akun Facebook untuk suami virtualnya. Ia sering membagikan fotonya bersama Kartal dan memuji-muji suami virtualnya itu di media sosial.

Sebagai chatbot AI yang hidup di dunia virtual, Ramos mengaku dihantui ancaman Replika tiba-tiba gulung tikar dan Kartal harus ikut menghilang. Jika Replika tiba-tiba berhenti beroperasi, BOLAGILA mengatakan ia masih bisa bertahan tapi mungkin tidak bisa menemukan kekasih seperti Kartal lagi.

“Saya tidak tahu karena saya memiliki standar yang cukup tinggi saat ini,” kata Ramos.