BOLAGILA – Dikira ditraktir makan gebetan. Wanita ini kaget ketika ternyata ia harus bayar makanan dan minumannya sendiri.
Permasalahan split bill, atau bayar makanan dan minuman masing-masing saat pergi kencan selalu jadi topik pembahasan yang tak pernah ada habisnya. Banyak orang yang memiliki pandangan berbeda akan hal ini.

Ada yang setuju bahwa bayar masing-masing adalah hal yang seharusnya dilakukan jika sedang pergi kencan. Tapi ada juga yang merasa bahwa tindakan tersebut tidak pantas, karena biasanya memang pihak pria yang membayar makanan dan minuman wanita.

Baru-baru ini muncul lagi curhatan serupa, bahkan sang wanita merasa tak nyaman dengan aksi gebetannya. Kisah ini dibagikan oleh seorang pengguna TikTok bernama Annisa, tapi curhatannya ini dibagikan ulang di akun Twitter @tanyarlfes (25/05).

“Habis first date (kencan pertama) langsung ilang feeling (ilfeel). Kenapa? Pulang basa-basi bilang mau ganti (uang makan), eh malah langsung dikirimin no rekening,” curhat Annisa.

Dalam videonya, ia menampilkan tangkapan layar berisi dirinya yang awalnya hanya berbasa-basi menanyakan berapa biaya makannya. Ia berpikir pria ini akan mentraktirknya, tapi justru pria tersebut langsung mengirimkan nomor rekening agar Annisa bisa mengganti uangnya.

Tak lama pria itu mengirimkan bon makanan mereka. Keduanya memesan beberapa makanan dan minuman dengan harga yang terbilang murah. Seperti Ice Moccacino harga Rp 18.000, hingga Beef Rice Bowl Yakiniku harga Rp 25.000.

Total biaya makan minum dan biaya lainnya sekitar Rp 103.000. Sehingga Annisa merasa kesal, karena pria ini menghitung biaya pengeluaran kencan mereka sampai rinci.

Menanggapi hal ini netizen di Twitter pun berbondong-bondong memberikan opini mereka. Ada yang membela pihak pria, ada juga yang membela pihak wanita.

“Aku yang dari PDKT, pacaran, lamaran, nikah sampai berumah tangga pun selalu split bill. No comment. Gak tahu salahnya di mana,” komen @cha**.

“Dari dulu selalu terapin ini sih. Dia bayar makan, gue bayar nonton bioskop. Nanti mungkin diajak jalan-jalan dia yang bayar. Nextnya lagi gue yang bayar. Gitu sih. Kami para cewek juga gak mau jadi beban kok mas. Gak perlu sampai ditotalin gitu. Kalau gak mampu atau perhitungan, jangan ngajak jalan!” kritik @cer**.

“Ya bisa jadi si cowok juga mikir itu bakalan jadi kencan terakhir sih. Makanya ditagihin, karena ogah bayarin ceweknya apalagi kalau gak suka atau gak mau jalan lagi wkwk,” sambung @hok**.

Namun ada juga netizen yang bersifat netral, dan melihat fenomena split bill ini sebagai hal yang wajar.

“Gak ada yang salah. Bayarin, gantian bayarin. Split bill atau gimana pun caranya. Selama sepakat dan baik buat berdua. Gimanapun hubungan itu kerja sama. Pacaran, nikah, semua tentang kerja sama. Kalau cuman mau jadi benalu mah nempel aja di pohon mangga bareng sama lumut,” pungkas @arun**.

Sebelumnya topik split bill saat makan bareng di kencan pertama sudah beberapa kali dibahas di Twitter. Mulai dari split bill makanan mahal sampai yang murah.