BOLAGILA, Jakarta PT ASABRI (Persero) lepas peserta pemudik sebanyak 200 orang tujuan Kota Cirebon dan Tasikmalaya lewat Program Mudik bersama BUMN 2023 secara gratis.

Pelepasan Mudik Bareng dilaksanakan di dua lokasi, yang pertama secara seremonial, oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dengan bus kota tujuan Tasikmalaya di Area Plaza Barat, Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Selasa (18/4) pukul 07.30 WIB.

Pelepasan ke dua dengan bus tujuan Kota Cirebon dan Tasikmalaya di lepas langsung oleh Direktur SDM dan Umum, Sri Ainin Muktirizka, dan Direktur Hubungan Kelembagaan PT ASABRI (Persero), Khaidir Abdurrahman di Gedung Kantor Pusat ASABRI, Jakarta Timur, Selasa (18/4) pukul 10.30 WIB.

Program Mudik Bersama BUMN 2023, bertema “Mudik Dinanti, Mudik di Hati”. Program ini berhasil memberangkatkan peserta sebanyak 78.017 yang terdiri atas 57.587 via transportasi bus, 16.590 via kereta api dan 3.840 menggunakan moda kapal laut. Program ini merupakan salah satu implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)

“Sekaligus langkah strategis untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik dengan mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman, juga diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga di hari yang istimewa,” ujar Erick.

“Tradisi mudik ini memang hal yang unik dan hanya ditemui di wilayah asia tenggara, termasuk di indonesia. libur cuti bersama hari raya idul fitri dibarengi dengan kesempatan untuk kembali ke kampung halaman, bertemu dengan keluarga hingga kerabat dekat lainnya. bersilaturahmi ini kembali meningkatkan semangat bagi para perantau yang harus beraktifitas jauh dari keluarga,” ucap Khaidir

Demi keamanan dan kenyamanan para pemudik, kendaraan bus yang disediakan oleh ASABRI telah mengikuti sosialisasi keselamatan berkendara, mulai dari kondisi pengecekan kelayakan atau ramp check pada bus.

Bahkan pengemudi kendaraan itu sendiri, telah dilakukan pemeriksaan Kesehatan dan vaksin sebelum keberangkatan, agar para pemudik dapat sampai ke kampung halamannya dengan aman. Tak hanya itu, pemudik juga dibekali souvenir, obat-obatan, makanan ringan, dan asuransi jiwa oleh ASABRI.

Lepas Mudik Gratis BUMN di GBK, Erick Thohir Tak Ingin Rakyat Menderita Karena Inflasi

Menteri BUMN Erick Thohir melepas program Mudik Gratis Bersama BUMN 2023 di area Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Kegiatan pelepasan Mudik Gratis Bersama BUMN ini dilakukan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansyuri, dan Kakorlantas Polri.

Erick Thohir menilai, program mudik gratis BUMN merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk melayani masyarakat. “Poinnya hari ini pemerintah hadir lagi saat masyarakat mudik. Pemerintah mendorong kementerian dan BUMN agar ada mudik gratis. Artinya pemerintah kembali hadir,” ujar Erick Thohir.

Melalui program mudik gratis bersama BUMN 2023 bertajuk Mudik Dinanti, Mudik di Hati, total melibatkan peserta sebanyak 78.017 orang. Terdiri atas 57.587 orang via transportasi bus, 16.590 orang via kereta api, dan 3.840 orang menggunakan moda kapal laut.

Lebih lanjut, Erick yang baru saja pulang dari Jerman dalam lawatannya ke Hannover Messe 2023 menyampaikan, inflasi telah membuat sejumlah harga di Eropa mengalami kenaikan.

Harga listrik disebutnya naik hingga tiga kali lipat, sampai secangkir kopi yang naik menjadi 3,5 euro dari sebelumnya yang sebesar 2 euro.

“Berbeda dengan Indonesia, negara selalu hadir. Presiden concern dengan isu-isu yang terjadi di masyarakat, baik saat covid-19 di mana vaksin, obat, itu gratis,” ucap Erick.

Selanjutnya

Dikatakan Erick, pemerintah pusat dan daerah saat ini juga mendorong menekan inflasi. Salah satunya dengan anggaran 2 persen dana tidak terduga diperbolehkan digunakan subsidi transportasi untuk bahan pokok.

“Saya menekankan fungsi BUMN tentu sebagai korporasi harus sehat sehingga bisa memberikan kontribusi kepada negara, kalau enggak sehat enggak akan punya program pro rakyat. Selain menjadi benteng ekonomi, program pro rakyat terus kita dorong. Salah satunya di mudik gratis bersama BUMN,” tandasnya.