BOLAGILA, Jakarta Hari Raya Idulfitri sebentar lagi tiba. Suka cita pun menghampiri sebagian besar masyarakat Indonesia yang merayakannya. Salah satu hal yang dilakukan guna merayakan momen tersebut adalah dengan belanja baju lebaran atau pakaian lainnya demi tampil maksimal saat Idulfitri.

Yup, kebiasaan belanja tersebut sudah menjadi tradisi yang tidak boleh terlewatkan, entah untuk diri sendiri atau keluarga inti. Apalagi, dengan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang didapatkan setiap Idulfitri, belanja kebutuhan Lebaran menjadi semakin mudah.

Eits, tapi jangan sampai malah nombok, ya! Pasalnya, kamu perlu perhatikan beberapa hal agar belanja kebutuhan Lebaran bisa makin hemat dan bebas cemas dengan uang yang dimiliki. Untuk itu, kamu harus ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Tentukan Anggaran Belanja

Yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan menentukan anggaran belanja baju Lebaran dari uang THR yang didapatkan. Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu tidak nombok saat akhir bulan.

Kamu bisa menentukan berapa persen pos belanja baju Lebaran dari total THR yang didapatkan. Kamu bisa menggunakan persentase 40+50+10. Maksud dari angka tersebut adalah 40 persen untuk kebutuhan menu makanan saat Lebaran, 50 persen untuk kebutuhan belanja baju Lebaran, dan 10 persen untuk dana darurat pasca Idulfitri.

2. Tentukan Skala Prioritas

Skala prioritas juga tak kalah penting untuk ditentukan. Pasalnya, skala prioritas dapat membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan semata. Jika kamu tidak mematok skala prioritas secara tepat, potensi kekurangan uang pasca Idulfitri bisa semakin nyata. 

3. Selektif Memilih Tempat Belanja

Uang THR sudah dikantongi, anggaran belanja sudah ditentukan, dan skala prioritas sudah dibuat, saatnya kamu memilih tempat belanja yang hemat dan banjir diskon.

Selektif memilih tempat belanja dapat membuat belanja kamu semakin aman secara finansial. Yup, pilihlah tempat belanja yang memiliki harga terjangkau, bahan terjamin kualitasnya, dan tebar promo serta diskon.

4. Incar Promo

Nah, yang terakhir adalah kamu harus mengincar promo dalam setiap transaksi belanja. Walau tidak semua promo menawarkan potongan harga atau hadiah yang besar, tapi tetap saja dengan itu kamu bisa menghemat pengeluaran. Promo juga makin terasa ketika kamu berbelanja dalam jumlah yang besar, lho.

Selain itu, agar transaksi semakin aman, kamu juga perlu menggunakan DANA. Pasalnya, setiap transaksimu di DANA akan bikin kamu Bebas Cemas & #BebasDrama karena dilindungi oleh sistem keamanan berlapis & dinamis DANA Protection. 

Mulai dari setiap transaksi, transaksimu akan dilindungi dengan sistem keamanan seperti PIN DANA, OTP, atau Face Verification. Dengan keamanan berlapis ini, pastinya kamu jadi bisa lebih tenang saat bertransaksi.

Gak cuma itu aja, jika terjadi hal yang tidak diinginkan pun, kamu bisa melaporkan langsung kendala yang kamu alami lewat DIANA di fitur Pusat Resolusi DANA yang siap bantu kamu kapan aja.

Yang bikin lebih tenang lagi, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali lho! Tentunya sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku di DANA. So, yuk langsung unduh dan gunakan aplikasi DANA sekarang juga, ya!