BOLAGILA, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri berencana menjajal kemampuan anak-anak asuhnya untuk mengikuti tiga laga uji coba jelang menghadapi perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja.

Agenda tersebut rencananya akan dilakukan di Tanah Air dan bertujuan sebagai sarana simulasi bagi penggawa Merah Putih yang bakal tampil dalam turnamen multievent level Asia Tenggara tersebut.

“Maret tidak ada (uji coba), April ada. Yang jelas nanti ada simulasi,” ujar Indra Sjafri usai memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan B GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/3/2023).

“SEA Games itu kan pertandingannya main, istirahat, main, istirahat. Minimal nanti kita ada tiga kali uji coba. Ngapain keluar negeri, waktu mepet juga. Coba tempat latihan banyak di sini yang bagus-bagus,” sambung dia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan jelang menyongsong SEA Games 2023 Kamboja.

Sebanyak 34 pemain dipanggil untuk mengikuti TC tahap pertama yang berlangsung pada 1-8 Maret lalu. Sementara itu, TC tahap kedua digelar mulai 10-16 Maret mendatang.

Indra Sjafri Coret 17 Pemain Timnas Indonesia U-22

Juru taktik Skuad Garuda sebelumnya telah mencoret 17 nama pemain Timnas Indonesia di TC tahapan pertama. Indra Sjafri menjelaskan, pihaknya memang  tak segan memulangkan pemain yang dianggap belum memenuhi kualifikasi.

Pelatih berusia 60 tahun juga menegaskan dirinya tak menjamin penggawa yang memiliki menit bermain reguler di liga bisa turut serta diboyong ke SEA Games.

“Karena kualitas tidak bagus, ya (17 pemain) kami pulangkan. (Keputusan memulangkannya) dilihat dari kualitas dong, mana tahu ini lebih baik,” tutur Indra kepda awak media.

“Yang bermain Liga 1 reguler belum tentu dapat jaminan bisa menjadi bagian dari 20 pemain yang akan dibawa (ke SEA Games). Kita berusaha seobjektif mungkin.”

“Dalam pemilihan pemain, kita butuh informasi yang lengkap. Semua kita tes medical, termasuk anak-anak yang Liga 1 nanti. Ada psikotes, (tes) IQ kita lakukan. Akumulasi dari itu yang kita pilih,” sambungnya pada Sabtu (11/3/2023).

Indra Sjafri Panggil 17 Pemain Baru

Adapun di TC tahapan kedua, Indra Sjafri sudah mengundang 17 penggawa anyar untuk bergabung bersama rekan-rekannya.

Nama-nama pemain yang baru saja dipanggil sebagian besar berasal dari klub-klub Liga 2. Walau begitu, ada pulang beberapa penggawa yang didatangkan dari Persebaya di Liga 1.

“Kemarin sudah kita pulangkan 17 pemain. Ini kita panggil 17 lagi, masih tetap dari Liga 2, dan ada dari Persebaya dua pemain. Jadi gabungan,” papar Indra.

“Saya melihat mereka punya potensi. Saya pikir kalau sudah masuk ke tahap latihan, mereka punya prospek untuk menjadi pesaing pemain 2001 yang bermain reguler di Liga 1,” tandasnya.