BOLAGILA, Jakarta Apakah Anda salah satu penggemar cokelat? Penyuka makanan manis yang satu ini pasti tidak asing dengan merek cokelat Toblerone.

Dikenal dengan bentuk cokelat segitiga yang berbeda dari umumnya, Toblerone juga seringkali disebut sebagai ‘cokelat Swiss’.

Namun, kemasan cokelat Toblerone nantinya tidak lagi menampilkan logo bergambar gunung Matterhorn yang ikonik di Swiss karena pemiliknya, Mondelez, yang berbasis di AS hendak memindahkan sebagian produksinya ke Slovakia.

Menurut perusahaan, langkah ini mereka ambil karena Undang-Undang Swiss yang berlaku sejak 2017.

Undang-undang tersebut mewajibkan setiap produk yang menggunakan ‘Swiss’ sebagai bagian untuk mengiklankan produk atau layanan harus memenuhi kriteria asal. Produk dengan bahan dasar susu harus dibuat di dalam negeri.

Parlemen mengatakan bahwa ini adalah cara untuk melindungi prestise yang terkait dengan produk buatan Swiss. 

Tanda ‘Swiss’ di dalamnya bisa mencakup bendera, rujukan ke kota-kota, seperti Jenewa atau gunung terkenal di Pegunungan Alpen dengan bentuk piramidanya yang rapi.

Kemasan yang didesain ulang akan menampilkan logo gunung yang dimodernisasi menjadi ramping dan konsisten dengan estetika geometris dan segitiga. Desain ini juga tetap mempertahankan garis halu beruang di permukaan gunung.

Tidak sampai di situ, Mondelez juga mengutak-atik jenis huruf dan logo mereknya, serta menyertakan tanda tangan dari Theodor Tobler, pendiri cokelat nougat almond dan madu yang khas.

Produksi batangan cokelat Toblerone akan tetap berlanjut di Swiss dan telah berinvestasi di pabrik Bern untuk meningkatkan produksi 100 gram batang cokelat, sebesar 90juta per tahun.

Melansir CNBC, perusahaan menyatakan keyakinan bahwa perubahan yang hendak direalisasikan tahun ini akan membantu memenuhi peningkatan permintaan dan memperkuat merek Toblerone untuk masa depan.