Ilustrasi
Ilustrasi mi instan cup.

BOLAGILA – Niat mengikuti resep mi instan cup yang viral berubah jadi bencana bagi seorang wanita di China. Pasalnya, ia hampir membakar flat yang ditinggalinya. Melansir AsiaOne, Selasa, 28 Februari 2023, Chuang Qiaoyu turun ke media sosial China, pekan lalu, untuk menceritakan kecelakaannya. “Gara-gara mi instan cup, flat saya hampir terbakar,” tulisnya.

Chuang bercerita menemukan resep membuat telur kukus menggunakan sup sisa mi instan cup yang membangkitkan rasa ingin tahunya. Instruksinya juga tampak cukup sederhana: tambahkan dua butir telur kocok ke dalam sisa sup dan masukkan ke dalam microwave selama maksimal dua menit.

Namun, setelah dua atau tiga menit, cangkir itu tiba-tiba terbakar, dan ada asap yang keluar dari microwave,” ungkap Chuang dalam unggahannya.

Untungnya, ia berhasil memadamkan api setelah mematikan microwave. Di unggahan yang sama, Chuang juga membagikan beberapa kemungkinan penyebab kecelakaan tersebut.

“Di sinilah saya membuat kesalahan. Mi instan cup tidak dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam microwave, dan saya tidak melepas penutup aluminium foil sebelum memanaskannya,” sebutnya. “Aluminium foil menyala di microwave, dan (membuat) mi instan cup terbakar.”

Lantas, apakah sebenarnya aman memanaskan mi instan cup menggunakan microwave? Jawabannya iya, menurut sebuah eksperimen yang dilakukan kanal YouTube HuntingWaterfalls, tapi Anda diminta memerhatikan kemasan mi instan cup. Ini termasuk tutup aluminium foil, seperti saran Chuang, dan yang ada di cangkir stirofoam, yang mana itu dapat menimbulkan risiko kesehatan saat dipanaskan dalam microwave.

Kasus Lainnya

Ilustrasi Popcorn
Ilustrasi popcorn

Sementara Chuang mungkin lolos hanya dengan microwave yang rusak, remaja lain yang mencoba mengikuti video makanan viral lain tidak seberuntung itu. Pada 2019, Zhou yang berusia 14 tahun dan temannya Peng yang berusia 12 tahun melihat video yang mengajari penonton cara membuat popcorn menggunakan kaleng minuman.

Mengikuti instruksi video, keduanya menempatkan biji jagung di kaleng aluminium kosong dan menyalakan alkohol di kaleng aluminium lain yang diletakkan di bawahnya. Karena kandungan alkoholnya yang tinggi, alat masak mereka meledak saat Zhou mencoba menyalakannya, menyebabkan kedua gadis itu menderita luka bakar yang parah.

Keduanya dibawa ke rumah sakit saat itu. Zhou menderita luka bakar di 96 persen tubuhnya dan akhirnya meninggal dunia karena luka-lukanya dua minggu kemudian. Peng selamat dari kejadian tersebut dan tidak dalam kondisi kritis.

Belum lama ini, cara memasak ayam yang viral di TikTok dinilai berbahaya oleh BPOM AS. Melansir NPR, 23 September 2022, memasak ayam menggunakan obat flu NyQuil telah ditentang Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Badan tersebut telah mengeluarkan peringatan tentang video di TikTok yang menantang orang untuk memasak ayam di NyQuil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI paitobolagila.net