BOLAGILA Jakarta – Inverness Thistle dan Falkirk sepertinya tidak ditakdirkan untuk bertemu pada babak kedua Piala Skotlandia 1978/1979. Pasalnya, semesta berkali-kali tidak mendukung digelarnya pertandingan tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, duel kedua tim harus mengalami penjadwalan ulang hingga 29 kali sebelum akhirnya bisa berlangsung.

Laga Inverness Thistle dan Falkirk semula ditetapkan digelar pada 6 Januari. Namun, cuaca buruk membuat laga mustahil dilaksanakan. Guardian melaporkan, panitia mengatur pertandingan hingga 29 kali sebelum akhirnya Stadion Kings Mills bisa dipakai pada 22 Februari atau 47 hari berselang.

Ketika partai akhirnya berlangsung, tuan rumah tampil buruk. Gawang mereka kebobolan empat gol di babak pertama, tanpa bisa membalas sekalipun selepas jeda.

Falkrik mengamankan tempat di babak berikut. Masalahnya, jeda panjang penundaan pertandingan membuat mereka tidak punya banyak waktu untuk istirahat.

Anak asuh Billy Little harus meladeni Dundee di putaran selanjutnya hanya tiga hari setelah mengalahkan Inverness Thistle.

Dengan fisik terkuras, plus harus melewati perjangan waktu, langkah Falkrik langsung terhenti akibat gol penalti jelang pertandingan berakhir.

Ada yang Ditunda 33 Kali

Cuaca buruk, plus belum bagusnya sistem perawatan lapangan seperti sekarang, memang berkali-kali mengacaukan kompetisi sepak bola.

Pada 1962/1963, lebih dari 400 pertandingan liga dan piala domestik di Inggris Raya harus ditunda akibat turunnya salju.

Laga Piala FA Coventry City vs Lincoln City baru bisa berlangsung setelah diatur ulang 16 kali pelaksanannya. Sementara duel Airdrieonians dan Stranraer di Skotlandia mengalami penundaan hingga 33 kali.

56 Dijadwalkan, Hanya 1 yang Berlangsung

Penundaan jadwal kompetisi Inggris yang patut diceritakan lainnya terjadi pada 1939/1940. Saat itu kompetisi sudah berantakan karena meletusnya Perang Dunia II.

Operator kompetisi kemudian membagi klub ke liga-liga mini sesuai geografis terdekat. Dari 56 pertandingan yang bergulir pada akhir pekan pertama Februari 1940, hanya satu yang bisa dilaksanakan.

Plymouth Argyle vs Bristol City tetap berlangsung mengalahkan cuaca. Tuan rumah pun memanfaatkan momen dengan menang 10-3.