Di babak kedua, Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo silih berganti menciptakan peluang di depan gawang Spanyol. Namun berkat penampilan gemilang kiper Unai Simon, peluang-peluang tersebut dapat dimentahkan. (AP/Rui Vieira)

BOLAGILA Gelandang Portugal, Bruno Fernandes, tidak senang sama sekali tentang keadaan seputar Piala Dunia 2022 yang akan segera dilangsungkan di Qatar. Pemain Manchester United itu mengatakan Piala Dunia “harus dilakukan dengan cara yang lebih baik”.

“Kami tahu lingkungan Piala Dunia, apa yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir, beberapa bulan terakhir, tentang orang-orang yang tewas dalam pembangunan stadion,” kata Fernandes kepada Sky Sports. “Kami sama sekali tidak senang tentang itu.”

“Ini bukan saatnya kami ingin bermain di Piala Dunia,” tambah Fernandes. “Saya pikir untuk semua orang, pemain dan penggemar, ini bukan waktu terbaik. Anak-anak akan berada di sekolah, orang-orang akan bekerja dan waktunya bukan yang terbaik bagi orang untuk menonton pertandingan,” timpal gelandang berusia 28 tahun tersebut.

“Kami ingin sepak bola untuk semua orang. Setiap orang harus disertakan dan terlibat dalam Piala Dunia, karena Piala Dunia adalah milik dunia. Ini untuk semua orang, tidak peduli siapa. Hal-hal seperti ini saya pikir tidak boleh terjadi di mana pun.”

“Tapi, untuk Piala Dunia ini lebih dari sekadar sepak bola, ini adalah pesta untuk para penggemar, pemain, sesuatu yang menyenangkan untuk ditonton, dan harus dilakukan dengan cara yang lebih baik,” tegas gelandang timnas Portugal tersebut.

Pada Februari 2021, Guardian mengatakan 6.500 pekerja telah meninggal di Qatar sejak ditunjuk sebagai negara tuan rumah Piala Dunia 2022. Jumlah kematian itu menggunakan data yang disediakan oleh kedutaan di negara Teluk.

Namun, pemerintah Qatar mengatakan jumlah itu menyesatkan, karena siapa pun dari mereka yang meninggal pasti sudah tinggal dan bekerja di negara itu selama beberapa tahun dan bisa saja meninggal karena usia tua atau penyebab alami lainnya.

Dikatakan catatan resmi menunjukkan bahwa antara 2014 dan 2020, ada 37 kematian di antara para pekerja di lokasi konstruksi stadion Piala Dunia, hanya tiga di antaranya “terkait pekerjaan”.

Organisasi Perburuhan Internasional mengatakan angka tersebut diremehkan karena Qatar tidak menghitung kematian akibat serangan jantung dan gagal pernapasan terkait pekerjaan – meskipun ini dapat terjadi akibat bekerja di suhu tinggi.

Christian Eriksen Bersama Denmark Punya Cara Tersendiri untuk Protes

Rekan satu tim Fernandes di Man United, Christian Eriksen, mengatakan dia yakin “perubahan harus datang dari tempat lain” daripada pemain mengeluh meratapinya.

Karena itu, timnas Denmark akan mengenakan kemeja “kencang” untuk Piala Dunia untuk memprotes tuan rumah Qatar, dengan penyedia kit Hummel merancang kit ketiga, serba hitam, untuk mewakili “warna berkabung”.

“Banyak yang telah ditulis, ada banyak fokus pada bagaimana itu terjadi dan mengapa itu di Qatar. Saya tidak setuju dengan bagaimana itu terjadi, tapi kami adalah pesepakbola dan kami bermain sepak bola,” ujar gelandang Denmark usai kemenangan Man United atas Fulham, 2-1.

Sementara FIFA meminta 32 tim, tak terkecuali Fernandes yang mewakili Portugal dan Eriksen Bersama Denmark, untuk fokus pada sepak bola. Otoritas tertinggi sepak bola dunia itu meminta para peserta mengesampingkan politik.

FIFA tak mau membahas kritikan yang dialamatkan kepada Qatar atas sikap mereka terhadap hubungan sesama jenis, hak asasi manusia, dan perlakuan terhadap pekerja migran sebelum turnamen.

Christian Eriksen berhasil mencetak satu gol pada laga comeback-nya bersama Timnas Denmark. Namun, gol Eriksen gagal menghindarkan Denmark dari kekalahan 2-4 kontra Belanda di Johan Cruyff Arena, Minggu (27/3/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Peter Dejong)

Ternyata Ada yang Tak Senang Ronaldo Terbang ke Qatar

Sementara Pelatih sementara Wolverhampton Wanderers, Steve Davis, mengecam Portugal karena membawa Cristiano Ronaldo ke Piala Dunia 2022.

Davis mengatakan dia tidak mengerti mengapa Portugal memilih Ronaldo yang berusia 37 tahun dalam skuad mereka untuk tampil di Qatar.

Ronaldo memimpin timnas Portugal ke Qatar, karena Pelatih Fernando Santos telah merilis skuadnya untuk turnamen tersebut pekan lalu.

Penyerang veteran itu tidak dalam performa terbaiknya musim ini, hanya mencetak tiga gol dan memberikan dua assist dalam 16 penampilan di seluruh kompetisi.

Karena itu, Davis tidak mengerti mengapa Santos membawa pemain berusia 37 tahun itu ke turnamen di Qatar.

“Joao Moutinho sangat profesional, saya yakin dia akan merenungkan jika tidak dipilih dan dia akan kecewa dengan Ronaldo yang pergi pada usia itu,” kata Davis kepada pers.

“Pelatih harus memikirkan keseimbangan skuad, ini penting untuk pelatih mana pun, jadi mungkin itu adalah bagian dari keputusan.”

Namun, Davis tak bisa berbuat banyak karena itu merupakan hak prerogatif dari Santos. Dia hanya berharap Portugal dapat mencapai prestasi terbaik di Qatar, di mana mereka akan tergabung di Grup H bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

Portugal akan menjalani laga pembuka grup menghadapi Ghana pada 24 November. Setelah itu, mereka akan menghadapi Uruguay pada 28 November. Dan, mereka bakal bentrok dengan Korsel di laga terakhir penyisihan grup pada 2 Desember 2022.