BOLAGILA Piala Dunia 2022 akan digelar dalam hitungan kurang dari satu bulan. Peta kekuatan dari beberapa tim unggulan mulai tergambar dari daftar skuad sementara yang diumumkan.

Menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar, pemain andalan Timnas Brasil, Neymar Jr mengaku ambisius bisa membawa pulang trofi yang sudah lama tak pulang ke Brasil. Terakhir, Brasil mampu menjadi kampiun juara dunia pada Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang 2022 saat mengandaskan Jerman 2-0.

Sejak debut di Timnas Brasil, Neymar sudah dua kali mencicipi panggung Piala Dunia, yaitu pada 2014 dan 2018. Namun ia belum mampu mengantarkan Tim Seleceo juara dunia, dia juga mengaku punya memori buruk pasca dikalahkan Jerman 1-7 di semi final Piala Dunia 2014.

“Kalah tidak pernah mudah dalam sepak bola, tapi di Piala Dunia lebih buruk. Itu sebabnya Anda harus melakukan persiapan dengan benar, 100% benar secara fisik dan mental,” ujar Neymar dilansir dari FourFourTwo,

“Sudah menjadi impian saya sejak saya masih kecil untuk memenangkan Piala Dunia. Saya membayangkan diri saya memegang trofi itu dan saya punya kesempatan lain untuk mencoba dan melakukannya di Qatar. Saya harap saya akan melakukannya,” tambahnya.

Juru gedor Paris Saint Germain (PSG) ini membeberkan tim mana saja yang kemungkinan akan menjadi pesaing berat tim Selecao membawa pulang trofi Piala Dunia 2022 Qatar. Setidaknya Neymar menyebutkan ada lima negara yang akan menjadi batu sandungan Brasil di Qatar.

1.Prancis

Pemain berusia 30 tahun itu menilai juara bertahan Prancis merupakan tim paling berat yang menjadi pesaing Brasil di Piala Dunia 2022. Timnas Prancis masih diisi oleh sebagian pemain-pemain yang mengantarkan Les Bleus juara di tahun 2018 namun dengan beberapa pergantian pemain yang cedera.

“Juara bertahan Prancis tetap menjadi pesaing berat bagi Brasil,” ucap Neymar.

Pada Piala Dunia edisi sebelumnya, Kylian Mbappe dan kawan-kawan sukses mengalahkan Kroasia di babak final dengan skor 4-2.

Di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember, Prancis tergabung di Grup D yang tergolong ringan. Les Bleus akan menghadapi Australia, Denmark, dan Tunisia.

Argentina

Neymar juga menyebutkan musuh bebuyutan Brasil dari Amerika Latin, Argentina sebagai pesaing terberat timnya. Argentina masih diisi pemain-pemain berkualitas seperti rekan setim Neymar di PSG, Lionel Messi.

Selain Messi, ada Angel di Maria, Lucas Ocampos, Lautaro Martinez dan Julian Alvarez juga menghiasi skuad juara Copa America 2021 ini.

Lionel Messi juga menyebut Brasil sebagai tim paling berpeluang menyabet Piala Dunia 2022. Brasil memang selalu jadi tim favorit juara Piala Dunia. Sebab, Brasil memiliki sejarah panjang di sepak bola dan Brasil memang identik dengan olahraga sepak bola lewat Jogo Bonito-nya.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, La Albileceste (julukan Timnas Argentina) tergabung dalam Grup C bersama Polandia, Meksiko dan Arab Saudi. Lionel Messi dan kawan-kawan akan melakoni laga perdana melawan Arab Saudi pada 22 November 2022.

Belgia

Selain Prancis dan Argentina, Neymar menilai Belgia juga sebagai pesaing berat Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Pada dua edisi Piala Dunia, Timnas Belgia menjadi tim yang diperhitungkan setelah muncul dengan generasi emasnya.

Namun sayang, The Red Devils belum mampu menjadi kampiun. Kevin de Bruyne dan kawan-kawan hanya mampu meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2018 dan mencapai perempat final pada 2014.

Skuad Timnas Belgia dihuni oleh beberapa pemain berkualitas wahid, seperti di sektor penjaga gawang ada Thibaut Courtois lalu di sektor tengah ada Kevin De Bruyne dan di sekor penyerang ada Romelu Lukaku. Belum lagi winger Atletico Madrid, Yannick Carrasco yang penampilannya sedang on fire.

Pada Piala Dunia 2022 nanti, Belgia tergabung dalam Grup F bersama Kanada, Kroasia dan Maroko. Belgia akan mengawali laga melawan Kanada pada 24 November 2022.

4.Inggris

Neymar juga menjagokan Timnas Inggris pada gelaran Piala Dunia 2022 ini. Inggris yang datang dengan para pemain muda diyakini bisa membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Terbukti, pada fase kualifikasi Inggris cukup perkasa tanpa mengalami sekalipun kekalahan dari 10 pertandingan yang dimainkan di fase kualifikasi.

Hanya Polandia dan Hungaria yang mampu memberi perlawanan untuk timnas Inggris. Kemenangan terbesar The Three Lions sepanjang babak kualifikasi adalah sepuluh gol tanpa balas atas San Marino pada 15 November 2021 lalu.

Pada tahun ini Timnas Inggris diisi oleh mayoritas pemain muda dengan rata-rata usia 25,6 tahun. Misalnya winger Arsenal, Buyako Saka (21 tahun), bek sayap Chelsea, Reece James (22 tahun), gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham (19 tahun) dan winger Manchester City, Phil Foden (22 tahun).

Pada gelaran Piala Dunia nanti, Inggris berada dalam grup B bersama Wales, Amerika Serikat dan Iran.

  1. Jerman
    Tim kelima yang dinilai bisa menjadi pesaing Brasil menurut Neymar adalah Jerman. Jerman merupakan tim pertama yang lolos dari babak kualifikasi sebagai juara Grup J. Der Panzer mengumpulkan 27 poin dari 10 pertandingan dengan sembilan kemenangan dan hanya sekali kalah.

Jerman adalah salah satu tim besar di dunia. Mengoleksi empat trofi Piala Dunia yang membuat mereka berada di posisi kedua bersama Italia.

Jerman hanya kalah dari Brasil yang telah meraih lima gelar juara Piala Dunia. Empat trofi yang dimenangkan Die Mannschaft adalah pada tahun 1954, 1974, 1990, dan terbaru di Brasil 2014.

Pada Piala Dunia 2022 nanti Der Panzer akan diisi pemain-pemain top dunia seperti Serge Gnabry, Leroy Sane dan Ikay Gundogan serta Thomas Muller.