Pangeran Charles III

BOLAGILA – Pangeran Charles III naik takhta menjadi Raja Britania Raya (United Kingdom) untuk menggantikan posisi ibunya, Ratu Elizabeth II, yang baru saja mangkat. Bicara hobi otomotif, Pangeran Charles III ternyata memiliki hobi memelihara mobil klasik atau motuba (mobil tua bangka).
Mengutip laman The Sun, bangsawan bernama asli Charles Philip Arthur George tersebut memiliki satu mobil kesayangan, yakni Aston Martin DB6. Mobil tersebut menjadi spesial, sebab merupakan hadiah pemberian sang ibu, Ratu Elizabeth II, kala Charles berulang tahun ke-21.

Menariknya, Pangeran Charles III merombak jantung pacu mobil itu agar bisa menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Ia melakukannya pada 2008 dengan bantuan spesialis Aston Martin, RS Williams.

Mesin Aston Martin DB6 itu telah diubah-sesuaikan, sehingga bisa ‘meminum’ bahan bakar jenis bio-etanol, yang berasal dari limbah anggur, serta produk produk sampingan dari proses pembuatan keju bernama whey.

Bahan-bahan dari limbah nabati tersebut kemudian dicampur dengan bensin tanpa timbal sebesar 15%, menghasilkan oktan yang tinggi, hingga 105. Tak ayal mobil tua itu pun jadi lebih bertenaga dan ramah lingkungan.

Pada tahun 2011, Pangeran Charles III meminjamkan Aston Martin DB6 tersebut kepada Pangeran William untuk seremonial pernikahannya dengan Kate Middleton.

Masih menurut laman The Sun, Pangeran Charles III sangat setia dengan mobil itu karena telah memberinya ‘kesenangan dan kenikmatan nyata selama bertahun-tahun’.

Aston Martin juga mendapat tempat khusus di hati Ratu Elizabeth II, karena hanya sembilan bulan setelah pelantikannya sebagai ratu, dia dan Pangeran Phillip membeli Lagonda bermesin 3.000 cc.