Kopi

BOLAGILA – Kopi yang diseduh menggunakan French Press sangat populer karena racikan kopi yang pekat dan harum. Apa benar minum seduhan kopi ini dapat memicu kolesterol naik?
Kopi bisa diseduh dengan cara apapun. Salah satunya menggunakan French Press yaitu alat seduh manual. Bubuk kopi diletakkan pada bagian bawah wadah dan dituangkan air panas, kemudian diaduk dan diamkan selama 4 menit. Setelah itu ditekan secara perlahan.

Dilansir dari Huffpost (23/8), cara menyeduh kopi ini dilakukan tanpa menggunakan penyaring kertas yang membuat ampasnya ikut dikonsumsi. Emma Laing, direktur dietetika di University of Gerorgia mengungkapkan kalau kopi yang diseduh tanpa penyaring kertas menghasilkan rasa yang kuat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi tanpa filter ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat). Zat tersebut seperti lilin yang dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah arteri.

Sebenarnya, kopi itu sendiri bukanlah sumber kolesterol makanan. Namun, bahan berminyak yang dilepaskan dari biji kopi selama seduhan atau dikenal sebagai diterpen ini yang berkaitan dengan peningkatan kolesterol darah.

Diterpen itu bisa dikurangi kalau kopi disaring menggunakan filter kopi kertas. Karena kopi French Press tidak disaring, maka kandungan diterpen lebih banyak.

“Konsentrasi cafestol, sejenis diterpen, dalam kopi French Press sekitar 300 kali lebih besar daripada kopi yang disaring dengan kertas,” kata Robert Fishberg, ahli jantung di Atlantic Health System yang berbasis di New Jersey.