BOLAGILA  Pemain dan jajaran pelatih timnas Indonesia U-16 dijadwalkan turut menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (HUT RI) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/202).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan, hal itu menjadi aspirasi pemain setelah keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 pekan lalu.

“Jadi setelah selesai saya di kamar ganti mendapat aspirasi dari mereka (Timnas U-16), mereka ingin ketemu Bapak Presiden dan ada yang menyampaikan kalau bisa ya upacara detik-detik proklamasi,” kata Menpora selepas mengikuti pengukuhan 68 anggota pasukan pengibar bendera pusaka di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menpora mengaku sudah mendapat jawaban pengarahan dari Presiden Joko Widodo secara langsung yang mengabulkan permintaan anak asuh Bima Sakti.

“Bapak Presiden sudah memberi arahan. Oke, siapkan. Jadi nanti anak-anak timnas U-16 Indonesia akan datang tanggal 17 Agustus pagi, mereka akan menjadi bagian dari upacara peringatan detik-detik proklamasi,” katanya.

Menpora juga mengungkapkan kemungkinan Presiden Jokowi menemui Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan setelah upacara HUT RI ke-77.

Menpora berharap pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dapat menyuntik semangat pemain timnas U-16. “Semoga pada saat ketemu Bapak Presiden tanggal 17 Agustus nanti mereka tambah semangat,” kata Menpora.

“Terus terang ini harapan kita ke depan. Luar biasa anak-anak ini, ngototnya, kekompakannya, tekniknya mulai kelihatan.”

Kendati demikian, Menpora meminta agar timnas u-16 tidak diberi beban yang muluk-muluk sembari mengharapkan perkembangan mereka tetap terjaga dengan terus berprestasi.

“Mudah-mudahan mereka akan terjaga, belum terganggu dengan berbagai hal yang akhirnya membuat mereka menurun prestasi,” katanya.

Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 usai menaklukkan Vietnam 1-0 pada final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022).

Namun, Garuda Asia tidak bisa berpesta terlalu lama. Timnas harus untuk memperebutkan tiket putaran final Piala Asia U-17 2023.

Indonesia masuk Grup B kualifikasi menghadapi Guam, Malaysia, Palestina, dan Uni Emirat Arab. Kompetisi berlangsung 1-9 Oktober mendatang.