ilustrasi pepes ikan mas presto.

– Ikan merupakan salah satu protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak teknik memasak ikan yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya yaitu teknik deep fried, tumis, goreng, grill, pepes, kukus, dan lain-lain. Executive Chef Hotel Santika Premier Hayam Wuruk Leonardus Bernardo mengatakan bahwa teknik masak minim minyak atau bahkan tanpa minyak bisa jadi pilihan yang bijak. Selain karena meminimalkan penggunaan minyak goreng yang harganya mahal, olahan ini juga dinilai sehat, terutama dikonsumsi saat puasa. Leo mengatakan bahwa ada tiga teknik masak minim minyak yang dinilai sehat dan bisa kamu coba di rumah.

Teknik kukus

Teknik kukus yaitu memasak makanan menggunakan uap air mendidih dengan suhu kurang lebih 100 derajat celsius. Cara ini bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak yang mudah dilakukan di rumah. Dikutip dari buku “25 Resep Autentik Pepes & Masakan Kukus Khas Nusantara” (2022) karya Wahyuni Mulyawati dan Ilse Harahap yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama menuliskan, keuntungan dari teknik mengukus yaitu tidak ada perubahan dari zat, aroma, dan rasa pada makanan. Selain itu teknik kukusan tidak memerlukan tambahan lemak, sehingga kalori di dalam makanan tidak bertambah. Keuntungan lain dari mengukus yaitu bahan makanan tidak larut di dalam air seperti teknik rebusan, sehingga tekstur makanan masih tetap terjaga.

 bakar dan ikan panggang memiliki perbedaan warna dan tekstur.

Teknik panggang

Teknik masak ikan minim minyak selanjutnya yang bisa dicoba yaitu memanggang. Leo menilai teknik panggang dinilai lebih sehat dibanding teknik grill. “Kalau grill, akan ada membentuk bagian hitam di sisi ikan, itu dapat memicu sel kanker di tubuh. Jadi yang lebih sehat itu dipanggang,” kata Leo.

Ilustrasi ikan yang dimasak dengan cara teknik kukus.

Teknik pepes

Olahan pepes sekilas mirip dengan kukus, karena sama-sama memanfaatkan uap panas dari air mendidih. Bedanya, makanan yang dimasak dengan cara dipepes juga melalui proses panggangan. “Ikan yang dipepes itu juga dimasak menggunakan udara panas dari panggangan,” katanya. Pepes ikan biasanya dibuat dari campuran bumbu dan daging ikan yang dibungkus dengan daun pisang. Olahan ini enak disantap dengan nasi putih hangat dan sayur lalapan.