BOLAGILA  MotoGP Mandalika 2022 telah rampung. Balap kendaraan roda dua paling bergengsi di dunia itu kembali ke Tanah Air setelah penantian 25 tahun sejak MotoGP digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, 1997. 

Sejak 18 Maret 2022, Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi magnet bagi para pencinta olahraga otomotif Tanah Air. Puncaknya tentu saja pada Minggu (20/3/2022) saat ajang MotoGP memainkan balapan resminya di sirkuit sepanjang 4,301 km itu. 

Pembalap KTM, Miguel Oliveira berhasil keluar sebagai juara MotoGP Mandalika 2022. Pria asal Portugal itu mengungguli pembalap Yamaha sekaligus juara bertahan, Fabio Quartararo yang harus puas berada di posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco. 

Persaingan ketat juga berlangsung di kelas lainnya, yakni moto2 dan moto3. Bahkan di kelas moto3, pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji sukses mengukir sejarah dengan start dari baris terdepan. Sayang, Mario gagal naik podium karena finis di urutan ke-14. Meski demikian, seri MotoGP Mandalika 2022 berhasil menghadirkan poin perdana bagi pria kelahiran Magetan tersebut pada musim ini.

Kontrak 10 Tahun

Dorna selaku pemegang lisensi balap motor MotoGP telah menandatangani kontrak selama 10 tahun dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Artinya, Indonesia kembali berpeluang untuk menjadi tuan rumah bagi balap motor kelas premium itu hingga sembilan tahun ke depan. 

Selain ajang MotoGP, Sirkuit Mandalika juga sudah dijadwalkan menggelar sejumlah kejuaraan lain pada tahun ini. Selain balap motor roda dua, Sirkuit Mandalika juga bakal menggelar balap mobil. 

Aneka Lomba di Sirkuit Mandalika

Setidaknya sudah ada dua kejuaraan mencantumkan Sirkuit Mandalika pada kalender resminya. Salah satunya adalah GT World Challenge Asia yang akan berlangsung pada Oktober mendatang. 

Balap mobil ini akan berjalan sebanyak enam seri yang akan dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 20-22 Mei. Event GT World Challenge Asia sendiri sudah vakum selama dua tahun akibat pandemi. 

Sebulan kemudian, Sirkuit Mandalika kembali akan menggelar kejuaraan balap motor World Superbike atau WSBK. Kejuaraan yang sama sebelumnya sudah berlangsung di Mandalika pada tahun 2021. 

Jadwal Sirkuit Mandalika 2022

GT World Challenge Asia: 21-23 Oktober 2022

Seri ke-11 WSBK: 11-13 November 2022