– Tak hanya sayuran dan buah saja yang baik dikonsumsi saat diet, ada 5 rempah yang juga berpotensi menurunkan berat badan dengan cepat. Apa saja ya?
Tubuh langsing menjadi idaman semua wanita. Salah satu cara mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan melakukan diet.

Ada beragam metode diet yang dapat dilakukan. Di antaranya mengganti pola hidup yang lebih sehat, membatasi asupan kalori harian, hingga melakukan diet ekstrem.

Agar diet berhasil, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Ada buah dan sayuran yang bisa dinikmati. Selain itu, rempah-rempah ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

ada 5 rempah yang dapat dikonsumsi karena mengandung manfaat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Mulai dari kunyit hingga kayu manis.

  1. Kunyit
Turmeric powder and fresh turmeric on grunge dark background

Kunyit merupakan rempah yang mudah ditemui di Indonesia. Kamu bisa menemukan kunyit dalam kondisi segar di pasar. Bahkan, sebagian orang Indonesia menanamnya sendiri.

Biasanya kunyit dimanfaatkan sebagai rempah bumbu masakan. Seperti bumbu gulai, bumbu ungkep, dan lainnya. Kunyit juga kerap dijadikan jamu sebagai obat herbal.

Salah satu manfaatnya dapat menurunkan berat badan karena adanya kandungan kurkumin. Zat tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan.

2. Jahe

Sama seperti kunyit, jahe juga umum ditemui di Indonesia. Biasanya digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Karena jahe memiliki aroma dan rasa yang kuat, rimpang ini kerap digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada olahan daging atau seafood.

Di Indonesia, jahe juga digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. Kerap dikenal dengan sebutan wedang jahe. Tak hanya menghangatkan, wedang jahe juga dapat meredakan flu dan batuk.

Ternyata jahe juga baik dikonsumsi saat diet. Disebutkan kalau jahe membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan penyerapan lemak. Kamu bisa mengonsumsinya rutin dengan menjadikannya teh jahe.

3. Jintan Putih

Manfaat Jintan untuk Menurunkan Berat Badan

Jintan putih yang biasa disebut jinten di Indonesia ini juga umum digunakan pada masakan Indonesia. Karena dapat memberikan aroma sedap, jintan putih sering ditambahkan sebagai bumbu soto, opor ayam, hingga gulai.
Selain menjadi makanan lebih sedap, jintan putih juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian, konsumsi jintan putih membantu membakar lemak tubuh 3 kali lipat dan menyehatkan pencernaan.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa meraciknya menjadi minuman. Caranya dengan merendam satu sendok biji jintan putih dalam air semalaman, kemudian air tersebut dihangatkan dan dikonsumsi pada pagi hari.

4. Kayu Manis

Kayu manis juga kerap digunakan untuk menambah aroma sedap pada masakan. Tak hanya masakan, kayu manis dalam bentuk bubuk sering digunakan pada racikan roti maupun minuman manis.

Ternyata, rempah beraroma harum ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Di dalamnya mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan tersebut membuat kayu manis memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, kayu manis membantu dalam meningkatkan proses pembakaran lemak. Kamu bisa menambahkan sejumput kayu manis bubuk ke dalam teh atau kopi dan konsumsi saat sarapan.

5. Lada Hitam

5 Manfaat Air Lada Hitam, Minuman yang Bisa Perkuat Imun Tubuh

Lada hitam biasanya ditambahkan pada masakan untuk menambah cita rasa agak pedas. Kerap diolah bersama seafood maupun steak. Tak hanya enak, lada hitam juga bermanfaat untuk tubuh.

Dilansir dari India Today (3/3/2018), lada hitam kaya akan vitamin A, C, dan K. Serta mengandung mineral dan asam lemak sehat yang bekerja sebagai penguat metabolisme alami yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak.