Arus lalu lintas kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek terpantau padat di berbagai titik pada Sabtu (21/12) dini hari atau empat hari menjelang perayaan Natal.

PT Jasa Marga mencatat kepadatan kendaraan berada di dua titik yakni sepanjang kilometer 43-48 dan KM 53 – KM 57 arah Cikampek.

“Kepadatan terjadi di sejumlah titik keluar masuk rest area,” tulis laporan Jasa Marga melalui akun Twitter resminya, Sabtu (21/12).
Seperti diketahui, kepadatan kendaraan mulai terlihat sejak Jumat (20/12) malam dan semakin meningkat di jalur cepat ruas tol sepanjang 73 kilometer yang menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang, Cikampek, dan kota-kota utama lain di Provinsi Jawa Barat itu.

Kepadatan diketahui lantaran saat ini sudah mulai memasuki libur Hari Raya Natal. Banyak warga masyarakat yang memanfaatkan akhir pekan untuk mudik ke kampung halaman menyambut libur Natal dan sekolah.

Sebelumnya, kepadatan arus lalu lintas itu juga terjadi sebagai dampak dari kecelakaan beruntun yang melibatkan lima mobil di KM 52+200 Karawang Timur arah Cikampek pada Jumat malam. Namun penanganan kecelakaan sudah selesai pukul 00.03 WIB.

Korlantas Polri sebelumnya juga telah memprediksi puncak kemacetan arus mudik Natal bakal terjadi pada 21-22 Desember.

Sedangkan untuk puncak kepadatan lalu lintas saat tahun baru diperkirakan terjadi pada 28-29 Desember.
Untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, polisi fokus di tiga titik pengamanan yakni jalur tol utama, rumah ibadah, dan kawasan wisata.