Cristiano Ronaldo berada di ambang tonggak sejarah sebagai pesepakbola paling moncer sejagat raya. Ia berpeluang mencetak gol ke-700 saat membela timnas Portugal, Sabtu (12/10) dini hari.

Ronaldo bisa saja mencetak gol ke-700 di sepanjang kariernya jika mampu menyumbang dua gol melawan Luksemburg di Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Sejauh ini Ronaldo telah mengemas 698 gol dalam 21 kompetisi yang berbeda untuk klub dan timnas Portugal. Itu artinya CR7 hanya membutuhkan dua gol tambahan untuk menggenapkan koleksinya menjadi CR700.

Di level klub, Ronaldo telah mencetak 605 gol dalam 814 penampilan di semua ajang untuk Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan Juventus

Image result for cristiano ronaldo
Cristiano Ronaldo Saat Bermain Bersama Juventus

Sedangkan untuk timnas Portugal, penyerang berusia 34 tahun ini sudah mengemas 93 gol dalam 160 penampilan.

Dengan demikian, Ronaldo bakal masuk dalam daftar penyerang tersubur di dunia yang telah mengemas 700 gol atau lebih bersama Josef Bican, Romario, Pele, Ferenc Puskas dan Gerd Muller.

Bican, pria berdarah Ceko-Austria yang bermain antara 1931-1955 sukses mengemas 805 gol dari 530 pertandingan. Sementara legenda Brasil Romario dan Pele masing-masing mengoleksi 772 dan 767, sementara Puskas mencapai 746.

Meski tidak lagi muda, Ronaldo masih berpeluang mengejar jumlah gol Muller yang mencapai 735 kali. Namun, mantan peraih lima gelar Ballon d’Or itu mengaku tak mau memikirkan rekor individu.

“Saya tak memikirkan prestasi individu. Mencetak gol adalah sebuah konsekuensi bermain kolektif. Terpenting adalah membantu tim kemenangan,” ujarnya.

Saat ini Ronaldo tengah berjuang mengantar Portugal lolos ke Piala Eropa 2020. Selecao das Quinas kini menempati posisi kedua Grup B Kualifikasi Piala Eropa atau terpaut lima poin dari pemuncak klasemen Ukraina.