Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat. Selain nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan konsentrasi, menambah mood, hingga menghilangkan rasa kantuk.
Meski begitu, ada isu beredar yang mengatakan kalau pemilik golongan darah O disarankan untuk tidak minum kopi terlalu banyak. Sebab, hal tersebut dapat memicu pengentalan darah.

Lantas, benarkah pemilik golongan darah O tidak boleh minum kopi? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Benarkah Golongan Darah O Tidak Boleh Minum Kopi?
Mengenai isu tersebut, Prof dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, spesialis penyakit dalam sub spesialis hematologi onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengatakan belum ada penelitian yang menunjukkan keterkaitan antara golongan darah O dan risiko pengentalan darah ketika minum kopi.

“Memang ada saran untuk yang memiliki golongan darah O agar mengurangi konsumsi kopi. Tapi alasannya bukan karena risiko pengentalan darah, lebih kepada kemungkinan menjadi ‘deg-degan’,” terangnya dikutip dari laman X pribadinya atas izin yang bersangkutan.

Ia menambahkan, dalam sebuah jurnal yang terbit di National Library of Medicine mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi maka risiko mengalami trombosis vena 30% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak meminumnya. Penelitian tersebut dilakukan kepada seluruh golongan darah.

Lalu, risiko pengentalan darah disebut lebih tinggi bagi orang dengan golongan darah A dan B daripada mereka yang memiliki golongan darah O.

“Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O yang minum kopi akan lebih mudah mengalami pembekuan atau pengentalan darah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof Zubairi mengatakan ada penelitian yang mengungkapkan kalau orang dengan golongan darah O justru lebih sulit mengalami pembekuan atau hiperkoagulasi dan lebih jarang terjadi trombosis.

“Artinya kemungkinan untuk memiliki stroke dan (penyakit) jantung menjadi berkurang,” jelas Prof Zubairi.