Libur Lebaran usai. Saat ini sudah kembali ke perantauan tapi homesick. Harus bagaimana?

BOLAGILA, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan perasaan rindu kampung halaman yang begitu kuat saat berada di tempat baru? Rasa kangen yang mendalam terhadap rumah, keluarga, dan teman-teman di kampung halaman memang dapat menjadi hal yang sulit untuk dihadapi.

Homesick, atau rasa kangen kampung halaman, adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang yang jauh dari rumah untuk jangka waktu tertentu. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan lingkungan, budaya, dan kebiasaan.

Homesick muncul akibat kesedihan emosional yang dirasakan saat kamu berada di lingkungan baru yang tidak familiar

Sebuah studi yang dilansir dari Better Up menunjukkan bahwa 50 persen sampai 70 persen orang dewasa pernah mengalami perasaan merindukan kampung halaman dalam hidupnya.

Berada jauh dari rumah untuk pertama kalinya biasanya akan membuat kamu merasa terkejut, terlebih apabila kamu tidak memiliki kenalan dilingkungan baru tersebut.

Namun, jangan terlalu khawatir. Perasaan ini akan berangsur-angsur menghilang seiring waktu. Penelitian pada para mahasiswa menyebutkan bahwa perasaan homesick akan menghilang dengan sendirinya setelah 1-6 minggu dilingkungan baru.

Tapi, pada sebagian orang, perasaan merindukan kampung halaman ini dapat bertahan lebih lama dan bahkan sampai menggangu kegiatan sehari-hari hingga menjadi tidak produktif.

Jika kamu menjadi salah satu yang mengalami homesick yang berkepanjangan, penting untuk menemui seseorang dan membiacarakan masalah ini untuk memahami penyebab dan langkah-langkah yang harus dijalani.

Ciri-Ciri Kamu Mengalami Homesick

Perasaan merindukan kampung halaman atau homesick dapat timbul dalam gejala fisik dan mental. Gejala ini pun dapat timbul tanpa kamu sadari. 

Secara emosional atau mental, berikut merupakan ciri-ciri dari homesick:

  1. Merasa sedih dan sering menangis.
  2. Kecemasan.
  3. Marah dan mudah tersinggung.
  4. Kehilangan arah atau merasa bingung.
  5. Kesulitan dalam berkonsentrasi.
  6. Kurangnya motivasi.

Sedangkan, secara fisik, berikut merupakan ciri-ciri dari homesick:

  1. Sakit kepala.
  2. Merasa tidak nyaman secara fisik.
  3. Mual atau masalah pencernaan lainnya.
  4. Terlalu banyak tidur atau sebaliknya.
  5. Kurang berenergi.

Jika kamu merasakan beberapa gejela di atas setelah pindah ke lingkungan yang baru, maka kamu kemungkinan sedang merasakan homesick. 

Tips Menangani Perasaan Homesick

Terus meratapi perasaan kesedihan dan kerinduan akan kampung halaman tidak akan membantu kamu dalam mengatasi homesick. 

Kamu harus fokus dan mengerahkan lebih banyak usaha dalam berdaptasi dan membangun kehidupan di tempat yang baru kamu tempati. Disamping itu, berikut beberapa tips dalam menangani perasaan homesick:

1. Menyadari Bahwa Merasa Homesick Merupakan Hal yang Normal

2. Ubah Perspektif Kamu

3. Temukan Teman untuk Curhat

4. Temukan Distraksi

5. Bergabung dengan Komunitas atau Grup Baru