AS berharap menghindari eskalasi konflik setelah Iran menegaskan akan melancarkan pembalasan atas serangan Israel terhadap gedung konsulat mereka di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024.

BOLAGILA, Washington, DC – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Antony Blinken meminta menteri luar negeri China dan rekan-rekannya yang lain untuk menggunakan pengaruh mereka dalam mencegah Iran menyerang Israel. Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri AS pada Kamis (11/4/2024).

“Menlu Blinken berbicara melalui telepon beberapa hari terakhir dengan rekan-rekannya dari China, Turki, Arab Saudi, dan Eropa untuk memperjelas bahwa eskalasi bukanlah kepentingan siapa pun dan bahwa negara-negara tersebut harus mendesak Iran untuk tidak melakukan eskalasi,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller seperti dilansir CNA, Jumat (12/4). 

Selain itu, kata Miller, Menlu Blinken juga berbicara melalui telepon dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Yoav Gallant untuk menegaskan kembali dukungan kuat AS kepada Israel dalam melawan berbagai ancaman.

Iran telah berjanji untuk melancarkan pembalasan atas serangan Israel pada 1 April yang meratakan gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, menewaskan tujuh anggota elite Garda Revolusi Iran termasuk dua jenderal. 

Sementara itu, Menhan Israel pada Kamis menegaskan pihaknya akan menanggapi secara langsung setiap serangan yang dilakukan Iran.

“Serangan langsung Iran memerlukan tanggapan Israel yang tepat terhadap Iran,” kata Gallant kepada Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

AS Juga Bersiap atas Serangan Balasan Iran

Pihak AS pada Kamis pula menerangkan mereka telah membatasi stafnya di Israel dan anggota keluarga mereka untuk melakukan perjalanan pribadi ke luar wilayah Tel Aviv, Yerusalem, dan Be’er Sheva di tengah ancaman balasan Iran.

Sebelumnya, Presiden Joe Biden pada Rabu (10/4) menyatakan bahwa dukungan AS terhadap keamanan Israel sangat kuat, meskipun dia mengkritik perilaku Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam perang Hamas Vs Israel di Jalur Gaza

AS telah berulang kali mengajukan permohonan kepada China, yang dipandang sebagai saingan global jangka panjang mereka, agar berbuat lebih banyak dalam mengatasi krisis Timur Tengah, termasuk melalui tekanan terhadap Iran, yang mendukung Hamas.