BOLAGILA. Dilanda hujan deras, puluhan rumah di tiga titik Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, terendam banjir dengan ketinggian 20 sentimeter hingga 1 meter. 

Komandan Pos Tigaraksa BPBD Kabupaten Tangerang, Sholihin mengatakan, intesitas hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang sejak pukul 13.00 WIB tadi, menyebabkan banjir di lokasi tersebut. 

“Kami terima laporan, banjir ada di Kampung Pinang, Perumahan Sudirman Indah, dan Puri 1 Tigaraksa, dengan ketinggian bervariasi, mulai dari 20 sampai 100 sentimeter,” katanya, Senin (27/11/2023). 

Banjir tersebut diakibatkan adanya luapan dari irigasi yang berada di kawasan perumahan warga. Sehingga langsung merendam rumah yang berada tepat di pinggir jalur irigasi. 

“Untuk di Kampung Pinang itu ada 4 rumah yang terendam, karena luapan irigasi perumahan di sana. Sama juga dengan Puri 1, yang mana kalau disini rumah terendam ada puluhan, mulai ketinggian 50 sentimeter sampai 1 meter. Terakhir di Sudirman Indah, namun kalau titik ini sekarang sudah surut,” jelas Sholihin.

Untuk menangani hal tersebut, sebanyak 10 petugas diterjunkan ke tiga lokasi banjir. Petugas melakukan pendataan, bersiaga dan mengevakuasi untuk warga yang memerlukan.

“Masing-masing titik ada 3 dan 4 petugas. Untuk cek kondisi dan imbau kepada warga agar yang rumahnya bertingkat untuk bisa naik ke lantai atas sementara, sampai airnya surut,” ungkap Sholihin.